Indosat Telah Uji Kelayakan Operasi Layanan 5G di Kominfo

Abadikini.com, JAKARTA – Indosat telah melaksanakan Uji Laik Operasi (ULO) layanan 5G ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo).

Juru bicara Kominfo Dedy Permadi mengatakan Indosat telah melaksanakan ULO 5G ke Kominfo pada minggu lalu, yakni 3-4 Juni 2021.

“Indosat telah melaksanakan Uji Laik Operasi 5G di pita frekuensi 1800 MHz, pada tanggal 3-4 Juni 2021.,” kata Dedy seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (08/06).

Dengan demikian, Indosat bisa menjadi operator berikutnya yang menggelar layanan 5G setelah Telkomsel pada akhir Mei lalu. Namun, saat ini layanan 5G yang digelar operator belum dikomersilkan untuk pelanggan.

Menurut Deddy Kominfo sedang memproses Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) yang akan dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) atas nama Menkominfo.

Sementara itu, Senior Vice President Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menyiapkan ekosistem jaringan untuk mendukung 5G. Seperti kerapatan site (build new sites), fiberisasi, termasuk juga Segment Routing IPv6 dan Model Operasi Digital dengan Artificial Intelligent (AI).

Saat ini, lanjut Steve, proses selanjutnya ada di tangan Kominfo. Pihaknya mengklaim telah mematuhi semua ketentuan yang berlaku untuk penerbitan SKLO dari kominfo.Meski begitu, saat disinggung kapan layanan generasi kelima itu akan tersedia di Indosat, keduanya enggan berkomentar soal tanggal perilisan jaringan 5G untuk operator seluler Indosat Oredoo.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker