Cegah Turun Hujan di Mandalika Saat MotoGP, BRIN Lakukan Rekaya Cuaca

Abadikini.com, JAKARTA – Cegah potensi hujan yang akan mengguyur sirkuit Mandalika, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan rekayasa cuaca jelang balapan MotoGP yang berlangsung 18-20 Maret 2022.

Cegah Turun Hujan di Mandalika Saat MotoGP, BRIN Lakukan Rekaya Cuaca, koordinator laboratorium pengelolaan TMC-BRIN mengatakan pihaknya melakukan penyemaian awan konvektif di sekitar wilayah sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kami akan segera persiapkan eksekusi penyemaian awan untuk menghujankan awan (konvektif) itu, jauh-jauh sebelum sampai ke Mandalika,” ujar Budi, Kamis (17/3).

Awan konvektif yang diprediksi bakal mengguyur hujan di Sirkuit Mandalika itu, kata Budi bakal disemai menggunakan garam di sekitar wilayah timur dan tenggara Mandalika. Dengan demikian ia berharap hujan itu tak akan mengguyur wilayah Mandalika pada saat balapan MotoGP berlangsung.

Budi mengatakan pihaknya bekerja sama dengan TNI Angkatan Udara (AU) untuk menyemai awan dengan garam. TNI AU mengerahkan satu unit pesawat Casa 212-200 dari Skadron IV Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Dia mengatakan proses rekayasa cuaca dilakukan mulai hari ini sampai 20 Maret. Setiap harinya akan melakukan 2 sampai 3 kali penerbangan, dengan membawa 800 kilogram garam. Menurutnya upaya ini diharapkan menekan curah hujan berlebih di lokasi sirkuit.

“Siklus cuaca memang harian, bahkan jam-jaman. Jadi dampak modifikasi cuaca memang untuk skala harian atau jam-jaman juga, tidak sampai mingguan atau bahkan bulanan. Cuaca beda dengan iklim ya,” ucapnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gelaran MotoGP Mandalika berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Nur Siti Zulaicha mengatakan potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi pada latihan bebas, Jumat (18/3).

Selanjutnya pada sesi hari kedua latihan bebas dan kualifikasi pada Sabtu (19/3) diperkirakan cerah berawan hingga hujan sedang pada siang hari sampai sore hari.

Sedangkan menurut BMKG, pada 20 Maret diperkirakan hujan sedang hingga lebat pada siang sampai malam hari.

MotoGP di Sirkuit Mandalika akan berlangsung pada 18-20 Maret. Ini adalah balapan musim perdana MotoGP di Indonesia, setelah 25 tahun lalu berlangsung di Sentul, Bogor.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker