Kominfo Sebut Telkomsel dan XL Axiata Akan Gelar Layanan 5G di MotoGP Mandalika 2022

Abadikini.com, JAKARTA – Telkomsel dan XL Axiata akan menggelar layanan 5G di ajang balap MotoGP Mandalika 2022 pada bulan Maret

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan layanan 5G itu disediakan kedua operator seluler khususnya untuk pengunjung di Sirkuit Mandalika.
Adapun pita frekuensi yang digunakan untuk layanan 5G berada di rentang 3,5 ghz.

“Telkomel dan XL bersama-sama menggunakan pita frekuensi 3,5 ghz untuk memperkuat 5G experience khususnya pengunjung di Mandalika,” kata Johnny secara virtual, Selasa (15/2) siang.

Johnny mengklaim layanan 5G yang digelar di Sirkuit Mandalika, tak akan mengganggu layanan satelit.

Hal itu disebutnya usai Kominfo melakukan uji coba pita frekuensi pada rentang 3,5 ghz dan 26 ghz, yang nantinya digunakan oleh Telkomsel dan XL Axiata.
“Hasilnya sementara ini tidak terjadi gangguan di jaringan satelit akibat pemanfaatan 5G,” tutur Johnny.

Lebih lanjut dia mengatakan khusus untuk 5G di gelaran Moto GP Mandalika pada 18-20 Maret akan juga disiapkan dua jenis pengalaman bagi pengunjung, yaitu dalam bentuk 5G experience dan 5G showcase.

Layanan berupa 5G showcase akan disediakan Telkomsel dan XL Acxiata dengan menampilkan beberapa pemodelan teknologi 5G, antara lain motor Augmented Reality (AR) gaming, 360 degree camera untuk 5G live broadcasting, drone, smart robot, AR motor bike engine maintenance dan cloud gaming bertema motor race.

Di samping itu ia juga melaporkan kecepatan layanan internet seluler di wilayah sekitar sirkuit, dari tiga provider yaitu XL Axiata, Telkomsel dan Indosat.

Hasilnya, di sekitar bandara, sirkuit hotel, resto dan tempat wisata, tercatat kecepatan internet seluler di lokasi berada pada kisaran 10 sampai 50 mbps.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker