Trending Topik

Dibanding Kelas Bisnis, Rupanya Pramugari Lebih Suka Layani Penerbangan Kelas Ekonomi

Abadikini.com, JAKARTA – Beredar anggapan kalau pramugari lebih senang melayani penumpang bisnis karena jumlahnya lebih sedikit dan lebih fancy ketimbang penumpang lain. Namun, anggapan tersebut ternyata salah. Sebuah fakta terungkap rupanya pramugari lebih senang melayani penumpang pesawat kelas ekonomi.

Dilansir dari Kumparan, Senin (24/1/2022), mantan pramugari, Heather Wilde, mengungkapkan meski di kelas bisnis mereka hanya melayani 10 orang, walau demikian mereka harus bekerja keras. Menurut Wilde bekerja di kelas ekonomi jauh lebih mudah.

“Saat bertugas di kelas ekonomi, semuanya mudah. Pramugari paling senior akan menangani semua pengumuman, dokumen dan stok. Sementara yang lain akan menyelesaikan layanan makanan atau minuman ringan, pemeriksaan lorong, dan lain-lain,” tulisnya di situs Quora.

Sebaliknya, Wilde mengatakan, di kelas bisnis dan kelas satu, pramugari harus melayani penumpang terus menerus. Selain itu, mereka juga harus memastikan semua pengumuman tersampaikan di saat yang tepat.

“Sejujurnya itu membuatku merasa seperti pelayan di langit,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan pramugari lain bernama Nuralia Mazlan. Ia mengatakan, bahwa bekerja di kelas ekonomi masih lebih baik ketimbang di kelas bisnis.

“Melayani 100 orang di kelas ekonomi lebih baik daripada 16 orang di kelas bisnis. Penumpang makan dan tidak banyak mengeluh, lalu kita kumpulkan sampahnya dan selesai. Redupkan lampu kabin dan bersiaplah tidur,” ujar Mazlan.

Di sisi lain, ada juga pramugari yang lebih suka bekerja di penumpang kelas bisnis dan kelas satu seperti halnya pramugari sekaligus pengguna Reddit bernama Emmadilemma. Dia lebih suka bekerja sebagai pramugari kelas satu kecuali penerbangan ke Los Angeles.

Menurutnya rewel atau tidaknya penumpang sebenarnya bergantung dari rute pesawat.

“Semua orang di pesawat menuju LAX adalah seorang putri dan harus diperlakukan seperti selebriti (dalam pikiran mereka sendiri),” katanya.

Sementara untuk maskapai lain, penumpang kelas bisnis adalah yang paling kasar ketika bepergian dari New York ke London atau New York ke Miami.

“Saya pernah menangani penumpang laki-laki berusia 40 tahun yang mengatakan dia pemilih makanan dan meminta saya untuk menyingkirkan almond dari campuran kacangnya, parmesan serut dari saladnya, dan daun ketumbar dari taboulehnya,” ujar seorang pramugara bernama Brad.

Sebagai informasi, banyak maskapai penerbangan memiliki sistem promosi untuk pramugarinya, di mana setiap pramugari kelas bisnis dan kelas satu awalnya akan menjadi pramugari kelas ekonomi. Namun, ada juga maskapai yang membiarkan pramugari memilih kelas penumpang tempatnya bekerja. (*)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker