Fenomena Astronomi Bulan Apogee Terjadi Sore Ini

Abadikini.com, JAKARTA – Fenomena Bulan yang berada pada posisinya yang paling jauh dari Bumi (Apogee) akan terjadi pada pada 14 Januari 2022, tepatnya pada pukul 16.17.06 WIB.

Fenomena ini sudah dapat disaksikan sejak pukul 15.30 waktu setempat dari arah timur laut.

Pada malam hari, tepatnya pukul 21.30, Bulan akan berkulminasi, atau mencapai titik tertingginya di arah utara dan menjelang fajar, tepatnya pada pukul 03.30 keesokan harinya, Bulan akan terbenam di arah barat.

Pada fenomena apoge Bulan kali ini Bulan akan berjarak 405.831 kilometer dari Bumi dengan tingkat kecerahan 88,7 persen saat puncak apoge, dan berada di konstelasi Taurus.

Fenomena Apogee terjadi karena oleh orbit Bulan yang tidak sepenuhnya bulat, melainkan berbentuk elips

Bentuk orbit tersebut membuat Bulan memiliki titik terdekat dan titik terjauh. Titik terdekat disebut Perige, sedangkan titik terjauh disebut Apoge.

Fenomena Perige terjadi setiap rata-rata 27,32 hari, sedangkan fenomena Apoge Bulan terjadi dalam rentang waktu bervariasi antara 26,98-27,90 hari. Dengan kata lain, kedua fenomena ini terjadi setiap bulan.

Dilansir dari laman edukasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) BRIN, rentang interval antar fenomena yang lebih sempit pada Apoge disebabkan karena Bulan bersama-sama dengan Bumi mengelilingi Matahari, sehingga Bulan akan mengalami perturbasi, atau penyimpangan posisi lebih besar ketika Perige dibandingkan dengan saat berada di Apoge.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker