Inilah Pembunuh yang Memecahkan Matematika Kuno

Abadikini.com – Seorang jenius yang hidup baru-baru ini memecahkan masalah matematika kuno, yang pertama kali ditangani oleh ahli matematika Yunani Euclid lebih dari dua milenium yang lalu. Namun, otak di balik solusi yang mengesankan ini adalah seorang pembunuh yang dipenjara.

Pembunuh yang dipenjara, Christopher Havens, 40 tahun, telah tinggal di penjara AS dekat Seattle selama sembilan tahun terakhir. Dari batas selnya, dan perpustakaan penjara, Haven’s baru-baru ini mampu memecahkan masalah aritmatika rumit yang telah membingungkan para matematikawan selama berabad-abad. Havens sejak itu membentuk ‘pemujaan angka’ penjara berbagi wawasan matematis mendalamnya dengan narapidana.

Sebuah laporan di DW mengatakan Havens “keluar jalur” setelah meninggalkan sekolah menengah. Setelah menjadi pecandu narkoba, ia terlibat dalam momen kacau dan saat ini sembilan tahun menjalani hukuman 25 tahun karena pembunuhan. Selama waktunya di dalam, Havens belajar sendiri dasar-dasar matematika yang lebih tinggi.

Kemudian, si pembunuh membuat kesepakatan dengan penjaga penjara. Mereka memberinya hak akses ke buku-buku matematika yang lebih maju, selama dia mengajarkan keterampilan aritmatika dasar kepada rekan-rekan tahanannya

Havens akhirnya menulis surat kepada penerbit matematika, memesan edisi  Annals of Mathematics. Dalam suratnya dia mengatakan angka telah menjadi “misinya”. Dia juga mengatakan angka dan matematika adalah alatnya untuk meningkatkan diri, tetapi dia tidak memiliki siapa pun untuk mendiskusikan ide matematikanya yang rumit.

Surat tahanan itu sampai ke profesor matematika terkenal, Umberto Cerruti, dari Turin, yang berspesialisasi dalam “teori dasar bilangan, Barisan Integer, Barisan Polinomial, Kehidupan Buatan.”

Dalam laman Ancient Origins, sebuah artikel di The Conversation berbicara dengan Marta Cerruti, yang juga seorang profesor teknik material di Universitas McGill di Montreal, Kanada, menceritakan kisah aneh Havens secara rinci. Tahanan itu segera menjawab profesor Cerruti di Turin dengan “kertas sepanjang 120 sentimeter (47 inci) dengan rumus yang sangat panjang tertulis di atasnya.”

Cerruti pada awalnya tidak terbiasa dengan ayat angka tahanan. Namun, program pemodelan matematika tingkat lanjut memeriksa matematika Havens dan menentukan bahwa dia telah menyelesaikan tugas dengan benar. Sudah waktunya untuk meningkatkan taruhannya.

Profesor matematika Turin mengirim surat kedua yang lebih panjang kepada tahanan Havens. Menurut artikel The Conversation, kali ini prof. mengundang si pembunuh untuk melihat “masalah matematika kuno.” Mencapai apa yang berada di luar jangkauan komputer paling canggih yang tersedia untuk matematikawan modern, “hanya menggunakan pena dan kertas,” Havens memecahkan teori bilangan kuno dan masalah “pecahan lanjutan”.

Teori bilangan kuno ini dikunyah oleh ahli matematika Yunani Euclid, dan dieksplorasi lebih lanjut oleh banyak pemikir abad pertengahan. Hari ini, digunakan dalam kriptografi militer, perbankan dan keuangan modern. Havens memecahkan teka-teki matematika kuno ini dengan menyajikan, untuk pertama kalinya, satu set keteraturan “dalam perkiraan kelas bilangan yang besar,” kata Marta Cerruti.

Pada titik inilah dalam cerita bahwa profesor Cerruti membantu tahanan Havens merumuskan bukti matematika barunya dalam makalah ilmiah profesi. Pada Januari 2020, profesor dan tahanan menerbitkan temuan yang menyajikan solusi untuk masalah matematika kuno. Dan Havens kini telah mendirikan klub matematika yang beranggotakan 14 orang di penjara.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker