Rumus Volume Tabung: Cara Hitung dan Contoh Soalnya

Abadikini.com – Rumus volume tabung merupakan salah satu materi yang harus bisa dipahami oleh siswa dan siswi Sekolah Dasar/MI kelas 6. Tidak hanya dapat memahami rumus volume tabung, para siswa juga diharapkan dapat menguasai materi tentang volume bangun ruang lainnya seperti kubus dan balok.

Agar dapat memahami dan menyelesaikan soal Matematika yang membutuhkan perhitungan rumus volume tabung, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Rumus Volume Tabung

Pada dasarnya, untuk mencari atau menghitung volume dari tabung, yang kita butuhkan adalah data luas alas pada tabung beserta dengan tingginya. Tabung sendiri memiliki bentuk alas berupa lingkaran, maka dari itu, kita juga harus paham cara menghitung luas lingkaran.
Adapun untuk mencari luas lingkaran tersebut, kamu bisa menggunakan rumus berikut:
Rumus Volume Tabung dan Contoh Soalnya (1)

searchPerbesar
Mencari luas lingkaran. Sumber: Kumparan
Selanjutnya, untuk mencari volume pada tabung, kamu bisa mengalikan luas lingkaran di atas dengan tinggi tabung atau dengan rumus berikut:
Rumus Volume Tabung dan Contoh Soalnya (2)

searchPerbesar
Rumus Volume Tabung. Sumber: idschool.net
Agar kamu bisa langsung memahami bagaimana cara menggunakan rumus volume tabung di atas, yuk simak soal di bawah ini dan bagaimana cara menyelesaikannya!

Contoh Soal Mencari Volume Tabung

Berikut adalah salah satu contoh soal untuk mencari volume tabung, yang dikutip melalui situs saintif.com.

Diketahui sebuah tabung memiliki diameter sepanjang 14 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah volume tabung tersebut?

Untuk menyelesaikan soal tersebut, kamu bisa langsung menggunakan rumus V=πr^2 t.
Pada soal tadi, disebutkan bahwa tabung memiliki panjang 10 cm, dan diameter 14 cm. Sedangkan untuk mencari volume tabung, kita membutuhkan panjang jari-jari. Oleh karena itu, kita ubah terlebih dulu diameter lingkaran menjadi jari-jari.
Adapun jari-jari lingkaran yang kita butuhkan, adalah setengah dari diameter lingkaran. Jadi, apabila diameternya adalah 14 cm, maka jari-jarinya adalah 7 cm.
Volume = π x r x r x t
Volume = 22/7 x 7 x 7 x 10
Volume = 22/7 x 49 x 10
Volume = 1540 cm kubik
Cara menghitung dengan rumus volume tabung di atas cukup mudah dipahami bukan? Hal yang perlu kamu perhatikan saat menyelesaikan soal tadi adalah memperhatikan baik-baik data yang tercantum di dalamnya. Jangan sampai keliru untuk menggunakan panjang diameter atau jari-jari lingkaran ya! Semoga ulasan ini dapat membantu!

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker