Hasil Denmark Open 2021 Pengaruhi Rangking Pebulutangkis Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Hasil yang dicapai di Denmark Open 2021 sedikit banyak mempengaruhi peringkat pebulutangkis Indonesia. Diketahui, Badminton World Federation (BWF) kembali merilis daftar ranking terbaru pekan ke-43.

Mengutip ranking BWF per tanggal 26 Oktober 2021, pada sektor ganda campuran mengalami perubahan posisi khususnya pada ranking empat dan lima. Yuta Watanabe/Arisa Higashino menggeser Praveen/Melati yang sebelumnya berada di peringkat empat.

Juara All England itu turun satu peringkat setelah hanya mencapai semifinal di Denmark Open 2021.

Sedangkan Yuta/Arisa keluar sebagai juara BWF World Tour Super 1000 itu setelah mengalahkan pasangan Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattnachai dengan skor 21-18, 21-9 di partai final yang berlangsung akhir pekan lalu.

Sementara itu pada peringkat satu dan dua masih diisi dua ganda China terkuat Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yilyu/Huang Dongping.

Perubahan juga terjadi pada wakil Indonesia lainnya seperti Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Mereka turun satu peringkat setelah kalah di babak 32 besar saat berjumpa pasangan Malaysia Tan Kian Meng/Lai Pei Jing 17-21, 14-21 di Denmark Open 2021.

Hafiz/Gloria digeser Tang Chung Man/Tse Ying Suet yang naik dua peringkat dari semula di posisi 11 dunia. Keduanya berhasil melangkah hingga babak 8 besar turnamen Denmark Terbuka.

Mereka juga menggeser Thom Gicquel/Delphine Delrue yang sebelumnya bertengger di peringkat 10 dunia pada pekan ke-42.

Pada sektor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu serta Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti masih kokoh di rankingnya masing-masing, yaitu 6 dan 34 dunia.

Pada sektor ganda putra, perubahan ranking terjadi hanya pada peringkat sembilan ke bawah. Seperti Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) naik dua peringkat dan kini berada di peringkat sembilan.

Sedangkan Choi Solgyu/Seo Seungjae (Korea Selatan) turun satu tingkat dan menempati posisi 10 klademen rangking dunia.

Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohamad Ahdan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih merajai top 7 dunia meskipun kalah di babak-babak awal turnamen.

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana satu-satunya wakil ganda putra Indonesia yang mampu menembus perempatfinal naik tiga peringkat ke posisi 38.

Gregoria Mariska Tunjung di sektor tunggal putri juga mengalami penurunan satu peringkat dari sebelumnya di ranking 21. Ia tersingkir di babak kedua Denmark Open setelah kalah dari Akane Yamaghuci (Jepang) 13-21, 15-21.

Berbeda dengan seniornya, Putri Kusuma Wardani cukup mengejutkan setelah naik 20 tingkat di ranking BWF. Kepastian itu Putri peroleh setelah menjadi juara di Li-Ning Crezch Open 2021. Dia menaklukkan tunggal Malaydia Siti Nurshuhaini dengan skor 21-16, 21-5.

Pada sektor tunggal putra tak ada perubahan dari ranking pemain top 10, termasuk ranking Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie yang menempati nomor 5 dan 7 klademen ranking pekan ini. Posisi mereka tak berubah sama seperti peringkat di pekan ke-42

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker