Goggle Analytics Dilaporkan Error

Abadikini.com, JAKARTA – Salah satu layanan untuk mengidentifikasi pengunjung situs web, Google Analytics, dilaporkan error pada Rabu (6/10) siang.
Beberapa warganet membanjiri keluhan soal errornya layanan identifikasi lalu lintaas situs besutan Google tersebut di Twitter.

Layanan Google Analytics tak dapat menampilkan jumlah kunjungan situs secara akurat. Layanan itu menampilkan analisa kunjungan situs yang tak wajar hingga menunjukkan 0 kunjungan dan menunjukkan angka yang tidak normal.

Lewat situs Downdetector, laporan soal gangguan pada layanan Google Analytics mulai ramai dilaporkan sejak pukul 11.40 WIB. Berdasarkan laporan di situs ini, keluhan banyak dilaporkan di Italia dan Amerika Serikat.

Lebih lanjut Downdetector juga membeberkan masalah yang paling banyak dilaporkan oleh para pengguna Google Analytics. Sebanyak 83 persen pengguna dilaporkan bermasalah pada website, 8 persen pada saat login dan 8 persen permasalahan terdapat pada aplikasi.

“Realtime data is not updating (data realtime tidak diperbarui),” tulis Sandip Purkait di situs itu.
“Issues on real time views (ada masalah di tampilan real time,” tulis Marcos D. Gomes.

Pengguna Google Analytics di berbagai belahan dunia juga mengeluhkan pernyataan serupa dan membanjiri kolom komentar di Twitter pada Rabu siang. Di antaranya akun @Ajay_Aravind.

Ia mempertanyakan apakah layanan Google Analytics itu hari ini eror atau tidak, lewat akun Twitternya.

“Anybody facing Google analytics errors today? (Ada yang mengalami masalah Google Analytics hari ini?)” ujar @Ajay_Aravind, Rabu (6/10).

Sementara itu, menurut juru bicara Google Indonesia, seperri dilansir dari cnnindonesia.com, menyatakan layanan Google Analytics berdasarkan pantauan dashboard aplikasi yang mereka miliki, tidak mengalami masalah.

Sebelumnya, pada Februari lalu Google Analytics juga sempat dilaporkan sedang mengalami gangguan layanan untuk beberapa pengguna. Tampilan analitik statistik di beberapa pengguna kosong, dan tak memuat data apapun.

Dikutip 9to5google, gangguan layanan tercatat pada pukul 19:12 PT atau 9:12 WIB. Akun resmi Google di Twitter juga memposting tentang masalah ini namun hanya berpengaruh pada beberapa domain tertentu.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker