10 Cara Mendapatkan Passive Income dengan Mudah di Tahun 2021

Abadikini.com – Seiring dengan bertambahnya usia, pastinya kamu akan mencari cara untuk memenuhi segala kebutuhan dalam hidup. Salah satu cara untuk memenuhi kehidupan selain dengan bekerja, kamu akan mulai mencoba untuk berinvestasi untuk menghasilkan penghasilan pasif atau passive income. 

Passive Income adalah penghasilan yang diperoleh seseorang dengan melakukan aktivitas seminim mungkin tanpa berperan aktif di dalamnya. Artinya kamu bisa mendapatkan uang sampingan meski kamu tengah bekerja pada pekerjaan utamamu.

Penghasilan pasif bisa menjadi cara yang baik untuk membantu kamu menghasilkan pundi-pundi uang, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini sehingga kamu bisa lebih banyak menabung untuk kehidupan di masa depan.

Pasif Income yang Menguntungkan

1. Menjual produk informasi 

Salah satu strategi yang populer saat ini adalah dengan menjual produk informasi (Information product) melalui e-book dan kursus audio atau video.

Cara ini banyak dilakukan oleh pakar-pakar yang ahli dalam suatu bidang dan merekamnya dalam sebuah video ketika mereka sedang menjelaskan sesuatu dan mendistribusikan video tersebut melalui lembaga kursus, sepeti SkillShare, Coursera, Udemy dan sebagainya. Cara ini terbilang efektif untuk mendapatkan passive income. 

Atau dengan cara lain, kamu bisa menggunakan model “freemium” untuk membuat orang lain tergugah dengan konten yang kamu luncurkan dan menggunakannya hingga waktu tertentu, kemudian kamu kenakan biaya untuk level selanjutnya.

2. Pemasaran afiliasi

Pemasaran afiliasi (Affliate marketing) adalah strategi yang populer untuk menghasilkan uang secara online, 9linkyaitu dengan cara mempromosikan produk pihak ketiga dengan menyertakan link ke produk di situs atau akun media sosial mereka.

Instagram dan TikTok merupakan salah satu platform untuk membangun pengikut dan mempromosikan produk yang biasanya dilakukan oleh Social Media Influencer dan juga Blogger. 

Dengan pemasaran afiliasi, pemilik situs web, “pemberi pengaruh” media sosial, atau blogger mempromosikan produk pihak ketiga dengan menyertakan tautan ke produk di situs atau akun media sosial mereka.

Amazon mungkin adalah mitra afiliasi paling terkenal, tetapi eBay, Awin, dan ShareASale juga termasuk di antara nama-nama yang lebih besar. Dan Instagram dan TikTok telah menjadi platform besar bagi mereka yang ingin menumbuhkan pengikut dan mempromosikan produk.

Jika kamu tertarik dengan cara ini, kamu harus tahu terlebih dahulu siapa target pasar dari produk yang akan kamu jual.

Setelah itu, kamu akan mempromosikannya melalui media sosial sehingga jika pengunjung mengklik link dan melakukan pembelian dari pihak ke tiga, makan kamu akan mendapatkan komisi.

3. Flip retail products

Cara ini adalah cara yang paling mudah. Pasalnya, kamu hanya memanfaatkan media penjualan online seperti eBay atau Amazon.

Kemudian, jual produk yang kamu temukan dan pasang produk tersebut selayaknya milik kamu dengan harga yang kompetitif. Maka kamu akan mendapat uang dari selisih harga pembelian dan penjualan.

4. Pinjaman peer-to-peer

Pinjaman peer-to-peer (P2P) adalah aktivitas meminjam uang antara pemberi pinjaman (Lender) dan penerima pinjaman (borrower) yang difasilitasi perantara pihak ketiga seperti Prosper atau LendingClub.

Aplikasi Pinjaman peer-to-peer ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berinvestasi, karena kamu bebas menentukan seberapa besar modal yang akan ditanam dan besaran suku bunga atau imbal hasil yang akan kamu dapat dapatkan.

5. Penghasilan sewa 

Berinvestasi dalam properti sewaan adalah cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan pasif, karena pastinya manusia membutuhkan macam-macam barang yang tidak dimilikinya.

6. Investasi saham

Menjadi pemegang saham di sebuah perusahaan adalah cara yang tepat untuk bisa mendapatkan passive income, karena perusahaan akan membayar dividen tunai dari setiap keuntungan perusahaan.

Dividen dibayarkan per saham, jadi semakin banyak saham yang kamu miliki, semakin tinggi dividen yang kamu peroleh.

7. Sewa rumah

Salah satu pilihan untuk mendapatkan passive income adalah dengan menyewakan ruang atau rumah kamu untuk jangka waktu tertentu.

Rumah menjadi salah satu instrumen dalam investasi sehingga bisa menjadi peluang bagi kamu yang jarang berada di rumah.

8. Pasang iklan di mobil

Kamu bisa bisa mendapatkan uang tambahan hanya dengan mengemudikan mobil keliling kota sambil beriklan.

Jika kamu gemar berpergian, cara ini patut kamu coba. Hubungi biro iklan terdekatmu dan pasang iklan sekarang untuk mendapatkan tambahan uang tanpa disadari.

9. Membuat E-Book

Bagi kamu yang memiliki hobi menulis buku, menerbitkan buku bisa menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan jangka panjang. Mengingat saat ini kita sudah memasuki dunia yang serba digital, kamu bisa membuat e-book alih-alih mencetak buku. Cara ini tentunya lebih praktis.

Pertama-tama kamu harus menentukan lebih dulu jenis buku yang ingin kamu tulis, apakah fiksi atau nonfiksi. Kemudian kamu harus menentukan target pembaca dari buku tersebut. Setelahnya kamu bisa menyerahkan karyamu tersebut ke penerbit e-book. Selain menjual bukumu dalam bentuk digital, ada juga penerbit seperti Gramediana yang juga akan mencetak bukumu jika ada pembeli yang ingin membeli bukumu dalam bentuk fisik. Beberapa platform penerbit lain adalah seperti Deepublish, Qbaca, Karya Virtual, dan WayangForce.

10. Menjual Stok Foto

Pernah mengunduh foto dari platform yang menjual stok foto seperti Shutterstock, iStock, atau Freepik? Selain mengunduh foto, kamu juga bisa mengunggah dan menjual stok foto kamu di sana. Nantinya kamu akan mendapatkan royalti dari setiap foto yang di-download oleh pengguna.

Setiap platform memiliki kebijakan bagi hasil yang berbeda-beda. Jadi, pastikan kamu sudah memahami kebijakannya dengan jelas sebelum memutuskan jadi kontributor.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan pasif. Untuk memudahkan memenuhi seluruh kebutuhan keuanganmu

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker