Hati-Hati, Ketahui 3 Hal Ini Sebelum Terima Tawaran Pinjaman Online

Abadikini.com, JAKARTA- Tawaran pinjaman online memang selalu menggiurkan. Terlebih lagi bagi mereka yang membutuhkan uang karena terhimpit masalah ekonomi hingga terdampak pandemi.

Pandemi Covid-19 memberikan tekanan kepada banyak orang. Tak sedikit dari kalangan para pekerja yang harus menerima pil pahit pendapatannya dikurangi. Tak jarang pula para pekerja yang harus kehilangan pekerjaan sehingga penghasilannya pun kosong.

Di tengah-tengah kondisi seperti itu, merebak tawaran pinjaman online yang mengiming-imingi proses yang mudah. bahkan tak ada perusahaan pinjaman online yang menawarkan uang bisa cair dalam satu hari saja.

Berikut 3 hal yang perlu Anda ketahui sebelum menerima tawaran pinjaman online.

1. Mengenal pinjaman pribadi

Dikutip laman CNN Business, Senin (28/6), pinjaman pribadi tanpa jaminan adalah uang yang dipinjam dari bank, perusahaan kredit atau pemberi pinjaman online yang dapat digunakan untuk apa saja. Uang tersebut dibayar kembali dengan mencicil dari waktu ke waktu, biasanya dengan tingkat bunga tetap.

Perencana keuangan Approach Financial, di Montrose, Colorado, Justin Pritchard, menyarankan agar masyarakat berhati-hati dalam mengajukan pinjaman online. Sebagian pinjaman online di awal menawarkan suku bunga rendah, namun seiring berjalannya waktu tiba-tiba bunga naik.

“Idealnya, saya berharap orang akan menggunakan program bantuan sebelum mengambil utang tambahan. Tetapi jika Anda benar-benar perlu meminjam, pinjaman pribadi bukanlah cara yang paling buruk,” ujar Pritchard.

Karena pinjaman tersebut tanpa jaminan, Anda tidak perlu menjaminkan agunan, yang membantu Anda menghindari risiko rumah atau aset berharga lainnya, kata Pritchard.

2. Apa yang diperlukan untuk mendapatkan pinjaman?

Sementara berbagai pemberi pinjaman akan menawarkan pinjaman kepada mereka dengan nilai kredit mulai dari buruk hingga sangat baik, sulit untuk menemukan pemberi pinjaman yang akan mengeluarkan pinjaman tanpa menunjukkan kemampuan untuk membayarnya kembali.

Skor kredit Anda dan riwayat pembayaran Anda sebelumnya juga akan menjadi faktor dalam penawaran pinjaman Anda.

Saat memutuskan untuk pinjam, lebih baik Anda menentukan jumlah yang dibutuhkan dan jenis pembayaran bulanan yang ingin Anda lakukan. Dan pertimbangkan tingkat bunga bersama dengan manfaat keseluruhan seperti biaya yang lebih rendah atau fleksibilitas dengan tanggal pembayaran.

Biasanya, suku bunga umumnya akan lebih tinggi untuk pinjaman jangka panjang dan lebih rendah untuk pinjaman jangka pendek.

3. Lakukan riset sebelum mementukan pinjaman

Sebelum Anda yakin untuk melakukan pinjaman online, sangat perlu untuk melakukan riset. Hal itu dilakukan untuk mengetahui tingkat bunga dan kemampuan Anda dalam mengembalikan pinjaman. Karena setiap pemberi pinjaman memiliki tingkat bunga yang bervariasi.

Disamping itu, Anda bisa membandingkan 3 perusahaan pemberi pinjaman. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu plus minusnya sebelum memilih pinjaman tersebut diantara ketiganya mana yang cocok untuk Anda.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker