Ini 5 Faktor Wajib Kelola Keuangan, Salah Satunya Hidup Gali Lobang Tutup Lobang

Abadikini.com, JAKARTA-Merencanakan keuangan menjadi suatu hal yang penting dalam menjalankan kehidupan. Pasalnya, hal tersebut digunakan untuk mengatur pengeluaran dan pemasukkan keuangan.

Baca Juga

Apalagi di masa-masa saat ini, financial planning sangatlah dibutuhkan. Tapi, kebutuhan tersebut juga harus dilihat apa saja yang diperlukan.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan perencanaan keuangan alangkah lebih baiknya menyadari tanda jika kalian merasa membutuhkan financial planning tersebut. Seperti yang dijelaskan Prita Ghozie, dalam akun Instagramnya @pritaghozie, Senin (27/7/2020). Berikut lima tanda kalian butuh financial planning:

1. Belum memiliki perencanaan investasi

Memiliki perencanaan keuangan yang baik, artinya kita diharuskan memiliki rencana keuangan yang jelas untuk sekarang dan nanti.

“Bukan hanya berinvestasi lho, tetapi juga perencanaan cashflow,proteksi serta menabung untuk tujuan besar lainnya. ” tulis Prita.

2. Hidup gali lubang tutup lubang

Perumpamaan itu artinya, mengandalkan utang untuk utang sebelumnya. Misalkan,contoh yang diambil Prita adalah, saat mengandalkan kartu kredit untuk hidup sehari-hari. Hingga satu kondisi dimana pemakaian tidak terkontrol dan tidak bisa melunasi kewajiban kartu kredit tepat waktu. Bukan saja tidak ada penghasilan untuk membayar, malahan beralih ke pinjaman online untuk menutupnya.

3. Sering telat bayar cicilan

Hal ini harus diwaspadai, karena sering telat membayar cicilan artinya menandakan adanya ketidakdisiplinan dalam pengolahan keuangan.

4. Gaji besar tapi rasanya selalu kurang

Setiap bulannya, pekerja selalu mendapatkan gaji, adapun yang besar maupun kecil. Namun, sebesar apapun gaji yang diterima, selalu dinilai kurang.

Hal ini menjadi bahaya jika terus seperti ini. “hati-hati karena jika itu terjadi, bisa jadi mengalami sindroma: biaya hidup itu murah, biaya pamer itu mahal.”

5. Tidak paham mau pilih investasi apa

Investasi jangan sekedar ikut-ikutan ya. Tapi, jika tidak pahammnya sudah berlangsung lama bahkan bertahun-tahun artinya sudah harus banget membuat perencanaan keuangan.

“Jangan lupa share juga ke teman kamu yang lagi butuh mengatur keuangannya mulai dari mana. Semoga bermanfaat, ya” tutup Prita.

Back to top button