Santripreneur Ponpes Mukmin Mandiri Sidoarjo Diberi Edukasi Bisnis oleh Dosen FEB Unesa

Abadikini.com, SIDOARJO – Pondok pesantren selain sebagai sarana para santri menuntut ilmu agama juga sebagai tempat mengembangkan jiwa wirausahanya. Beberapa pondok pesantren telah memasukkan kewirausahaan dalam kurikulum pembelajarannya bahkan beberapa di antaranya telah memiliki usaha-usaha bisnis yang dikelola oleh para santri itu sendiri.

Hasil usaha dari beberapa unit bisnis yang dikelola para santri inilah yang menjadi sumber pendapatan pondok pesantren dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Hasil survey awal yang dilakukan tim yang diketuai oleh Nadia Asandimitra, mereka ini seringkali kurang memperhatikan manajemen usahanya, terutama dalam hal pembukuan secara rutin transaksi keuangannya. Permasalahan ini menyebabkan sulit mengetahui perkembangan usahanya dari tahun ke tahun.

“Selain itu, masalah mereka masih belum memahami mengenai etika bisnis yang sesuai dengan kaidah agama Islam. Etika ini akan berdampak bagi kelangsungan usaha dan menciptakan kesetiaan konsumen,” terang Nadia pada keterangan tertulisnya, Rabu, (29/9/2021).

Berdasarkan informasi tersebut, para dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (FEB Unesa) mencoba memberikan solusi dengan mengadakan pelatihan manajemen usaha dan etika bisnis.

“Pelatihan yang dilaksanakan tanggal 26 September ini dibuka langsung sekaligus menyampaikan materi oleh pengelola Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo Gus Heri Cahyo Bagus Setiawan dan dilanjutkan oleh narasumber lainnya,” ungkap Nadia.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker