Tanda -Tanda Kiamat Kubra yang Harus Diketahui Umat Muslim

Abadikini.com – Tanda-tanda kiamat kubra merupakan pertanda besar yang menunjukkan sudah dekatnya hari akhir. Kehidupan manusia tidak hanya berakhir dengan kematian, tetapi akan ada hari kiamat sebagai proses hisab dan pembalasan amal perbuatan.

Rasulullah SAW melarang umatnya untuk bertanya tentang waktu terjadinya hari kiamat. Namun, Beliau memerintahkan umatnya untuk selalu mempersiapkan diri. Meskipun demikian, Rasulullah telah menjelaskan kepada umatnya tanda-tanda kiamat kubra secara rinci.
Ada banyak tanda-tanda besar yang menunjukkan sudah dekatnya hari akhir. Jika tanda-tanda kiamat kubra muncul, maka hari kiamat tak akan lama lagi. Untuk mengetahui tanda-tanda kiamat kubra lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Tanda-Tanda Kiamat Kubra

Mengutip dari Majalah ar-risalah Edisi 221/Des 2019 – Aman Di Era Transisi Zaman oleh Majalah ar-risalah, jika berbicara tanda-tanda kiamat kubra para ulama merujuk pada hadist riwayat Hudzaifah bin Asid Al Ghifari, beliau berkata:
“Ketika kami sedang berdiskusi, Rasulullah mendekati kami dan bersabda: “Masalah apa yang sedang kalian bicarakan?” Kami pun menjawab “Kami sedang membicarakan hari kiamat.”
Mendengar itu, Rasulullah SAW bersabda: “Ketahuilah, sesungguhnya kiamat tidak akan terjadi, melainkan melihat 10 tanda-tandanya, yaitu munculnya asap, dajjal, terbitnya matahari dari sebelah barat, turunnya Isa bin Maryam. Munculnya Ya’juj dan Ma’juju, terjadinya 3 kali gempa bumi, gempa di bumi bagian barat dan timur, kemudian disusul gempa yang terjadi di semenanjung Arab. Sebagai akhirnya, bertiuplah api yang berasal dari negeri Yaman yang menggiring manusia menuju tempat berkumpulnya mereka. (HR. Muslim).

Baca Juga : 7 Skenario Kiamat Berdasarkan Sains

Riwayat di atas menyebutkan bahwa tanda-tanda kiamat kubra ada sepuluh. Namun dari sepuluh tanda tersebut tidak ada penjelasan tentang kemunculan Imam Mahdi. Ada perbedaan pendapat antar ulama mengenai kemunculan Imam Mahdi.
Ada yang mengatakan bahwa kemunculan imam mahdi merupakan salah satu tanda-tanda kiamat kubra. Namun, karena tidak termuat dalam sepuluh tanda di atas, sebagian dari mereka meyakini bahwa Imam Mahdi termasuk dalam tanda-tanda kiamat sugra.
Lalu bagaimana terjadinya tanda-tanda kiamat kubra? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Terjadinya Tanda-tanda Kiamat Kubra

Tanda-tanda kiamat kubra terjadi saling berurutan. Hampir tidak ada pemisah antara satu peristiwa dengan peristiwa selanjutnya. Tanda-tanda kiamat kubra diibaratkan seperti seuntai kalung yang putus, jika manik pertama jatuh, maka akan diikuti oleh manik-manik berikutnya.
Dikutip dari buku Pengantar Studi Akidah Islam oleh Prof. Dr. Umar Sulaiman Al-Asyqar, hal di atas dijelaskan dalam hadist dengan sanad sahih dari anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda,
“Tanda-tanda kiamat adalah biji kalung yang teratur di tali, jika tali putus, sebagiannnya mengikuti yang lain.”
Masih dari sumber yang sama, terdapat silang pendapat tentang peristiwa mana yang akan muncul pertama kali. Dalam hadist Abdulullah bin Amr, ia mendengar Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya tanda-tanda pertama yang muncul adalah terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya, keluar binatang-binatang di pagi hari atas manusia, mana saja di antara yang muncul terlebih dahulu, yang selanjutnya muncul sesaat setelahnya.”
Namun, hadist di atas tidak bisa dijadikan sebagai patokan bahwa terbitnya matahari terjadi sebelum keluarnya Dajjal, turunnya Isa, dan keluarnya Yajuj dan Majuj.
Sebab, menurut kabar-kabar yang ada, kemunculan Dajjal adalah tanda besar pertama yang menjadi perubahan besar kondisi umum di bumi. Semua itu tidak dapat dipastikan, karena tidak ada kepastian dari Rasulullah SAW. Yang pasti, umat Muslim harus mempersiapkan diri untuk bekal di akhirat nanti.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker