Inilah Tanda- Tanda Kiamat Sugra yang Wajib Umat Muslim Tahu

Abadikini.com – Kiamat sugra adalah berakhirnya atau hancurnya sebagian alam semesta. Selain itu, kiamat kecil juga dapat diartikan sebagai selesainya kehidupan atau matinya sebagian makhluk hidup seperti manusia dan hewan. Beberapa contoh peristiwa kiamat sugra adalah seperti tsunami, gempa bumi, gunung meletus, dan kematian manusia.

Gambaran hari kiamat tersebut hanya salah satu dari banyaknya peristiwa yang dijelaskan Allah dalam Alquran. Beberapa istilah dan gambaran lain juga dijelaskan Allah seperti di Surat al-Ghasiyah, az-Zalzalah, al-Haqqah, al-Qari’ah dan lain-lain.

Dalam Islam, hari kiamat terbagi menjadi kiamat sugra atau kiamat kecil dan kiamat kubra atau kiamat besar. Berikut tanda-tanda kiamat sugra.

Kiamat Sugra

Kiamat sugra adalah kiamat kecil yang sering terjadi dalam kehidupan manusia seperti kematian, banjir bandang, angin beliung, gunung meletus, gempa bumi, peperangan, kecelakaan kendaraan hingga kekeringan yang kepanjangan. Hal ini sering terjadi di keseharian kita yang merupakan teguran Allah kepada manusia yang masih hidup untuk kembali ke jalan yang lurus.

Beberapa tanda kiamat sugra juga meliputi diutusnya Nabi Muhammad seperti yang tergambar di surat Saba ayat 46 yang artinya:

“Katakanlah, sesungguhnya aku hendak memperingatkan kepadamu suatu hal saja, yaitu supaya kamu menghadap Allah (dengan ikhlas) berdua-dua atau sendiri-sendiri; kemudian kamu pikirkan (tentang Muhammad) tidak ada penyakit gila sedikit pun pada kawanmu itu. Dia tidak lain hanyalah pemberi peringatan bagi kamu sebelum (menghadapi) azab yang keras.”

Tanda kiamat sugra juga dengan terbelahnya bulan yang masyhur pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad dengan kuasa Allah yang terdapat di Surat al-Qamar ayat 1 yang artinya:

“Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.”

Menurut Tafsir Al-Mukhtashar, hari kiamat telah dekat dan rembulan telah terbelah dua, yaitu manakala penduduk Makkah yang kafir meminta kepada Nabi agar menunjukkan sebuah mukjizat, maka Nabi memohon kepada Allah dan Allah memperlihatkan mukjizat tersebut.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker