NASA Gagal Ambil Sampel Pertamanya di Mars

“Meskipun ini bukan ‘hole-in-one’ yang kami harapkan, selalu ada risiko dengan terobosan baru,” kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA di Washington.

“Saya yakin kami memiliki tim yang tepat untuk mengerjakan ini, dan kami akan bertahan menuju solusi untuk memastikan kesuksesan di masa depan.”

Perangkat keras yang bertugas mengambil sampel disebut Sampling and Caching System dan merupakan sistem kompleks yang terdiri dari 3.000 bagian untuk mengebor batuan, menangani sampel, dan menyimpannya. Data menunjukkan, bor dan mata bor rover sudah bekerja sesuai rencana dan tabung sampel diproses dengan benar. Tapi, terdapat kesalahan ketika memasukkan batu dari permukaan ke dalam tabung.

Manajer Proyek untuk misi Perseverance Jennifer Trosper mengatakan, kemungkinan masalah disebabkan oleh tabung kosong seperti yang terjadi selama coring. Kemungkinan kecil juga merujuk pada perangkat keras Sampling and Caching System.

“Selama beberapa hari ke depan, tim akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menganalisis data yang kami miliki, dan juga memperoleh beberapa data diagnostik tambahan untuk mendukung pemahaman akar penyebab tabung kosong,” ungkapnya.

Laman sebelumnya 1 2

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker