NASA Gagal Ambil Sampel Pertamanya di Mars

Abadikini.com, JAKARTA – Rover Perseverance gagal mengumpulkan sampel pertama batuan Mars. Perintah ini diberikan kepada rover pada 6 Agustus lalu dari laboratorium NASA di Laboratorium Propulsi Jet (JPL), California.
Namun, upaya pertama pengambilan sampel tidak berjalan sesuai rencana, di mana rover gagal menyegelnya ke dalam tabung yang disiapkan untuk dibawa kembali ke Bumi.

Seperti diketahui, mengumpulkan sampel dari Mars adalah misi utama Perseverance. Rover diminta untuk mengebor bebatuan di area kawah Jezero, di mana ia mengeksplorasi dan mengumpulkan sampel. Setiap sampel yang didapat akan dimasukkan dan disegel dalam wadah kedap udara yang disebut tabung sampel. Misi lanjutannya, tabung ini akan dibawa kembali ke Bumi untuk dianalisis.

Misi ini akan memberi para ilmuwan kesempatan untuk mempelajari materi secara langsung. Nah, usaha pengeboran pertama dimaksudkan untuk memulai upaya ini. Perseverance menggunakan bor untuk membuat lubang di batuan Mars. Lalu, menempatkan sampel yang dibor ke salah satu tabung titaniumnya. Prosesnya otonom. Artinya, rover menangani setiap langkah misi dan ilmuwan menerima data darinya.

Meskipun rover tidak berhasil mengumpulkan sampel kali ini, namun tim optimis untuk peluang yang akan datang, seperti dilaporkan oleh Digital Trends (9/8).

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker