Trending Topik

Yusril Datang Ketika Kebijakan Plin Plan

Kritik ini tajam dan mengena, bukan karena Yusril ingin merontokan marwah kekuasaan, tapi karena sikap intelektual Yusril dan kepeduliannya pada bangsa ini. Sehingga meski oleh banyak orang ia dianggap sebagai bukan tokoh oposan, apalagi berdiri mewakili hasrat kalangan yang gerah dengan kekuasaan, namun kritiknya bila dipandang sebagai sebuah masukan, sesungguhnya inilah sumbangsih pikiran yang layak dipertimbangkan, apalagi di situasi pemerintahan yang terkesan limbung mencari arah kebijakan yang pas.

Yusril juga menyesali kebijakan penanganan Covid 19 sudah terlambat, tapi bukan mustahil diperbaiki jika pemerintah mau berembuk dengan semua pihak, para ahli medis, ahli hukum dan tata negera, dan pihak terkait lainnya, sehingga arah kebijakannya punya kekuatan dan tepat sasaran.

Maka, hemat penulis beberapa saran yang sudah disuarakan Yusril saya kira baik untuk dipertimbangkan, apalagi suara yang datang dari Yusril murni kepedulian, bukan atas dasar harsat atau ambisi kekuasaan.

Pemerintah mungkin boleh menafikan masukan dan kritik dari oposan yang cenderung hanya menyerang marwah kekuasaan, tapi saya kira integritas Yusril sebagai negarawan tak perlu diragukan. Ia bukan hanya bisa mengambil jarak dari kekuasaan, bahkan sudah teruji punya track record menyelesaikan masalah meski dalam situasi genting.

Saya kira, setelah para politisi yang punya basis pengetahuan dan pengalaman aktivisme di era sekarang sudah minim, saya kira Yusril adalah satu di antara sedikit tokoh yang tersisa dimana ia lahir sebagai tokoh yang lahir dari pergulatan panjang dan punya pengalaman bersentuhan langsung dengan para founding fathers negeri ini. Maka saran dan kritiknya memang layak dipertimbangkan di tengah kebijakan penanganan pandemi Covid 19 yang terkesan plin plan tanpa arah dan tujuan. Semoga!

Oleh: Samuel Mink

Laman sebelumnya 1 2

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker