Sebab Munculnya Efek Samping Usai Vaksin Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA – Sejumlah orang kerap mengalami efek samping seperti sakit di lengan, demam dan kelelahan seperti sempat diungkap Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut WHO, studi menunjukkan efek samping usai melakukan vaksin Covid-19 bergejala ringan hingga sedang dan hanya berlangsung singkat.

Gejala yang diderita seperti demam, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, kedinginan, diare dan nyeri di tempat suntikan.

Untuk mengatasi efek samping vaksin Covid-19 lakukan istirahat yang cukup, banyak minum air putih, dan konsumsi parasetamol jika demam.

Tapi mengapa vaksinasi kerap memberikan efek samping yang tak menyenangkan? Ahli menyebut efek samping ini menunjukkan vaksin sedang bekerja.

John Wherry, imunologis dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), menjelaskan ketika vaksin masuk ke tubuh, sistem kekebalan akan segera menyerang protein asing yang dimasukkan lewat vaksin.

Serangan sistem kekebalan ini dapat menyebabkan efek mulai dari peradangan di tempat suntikan hingga gejala di seluruh tubuh seperti kelelahan, nyeri, atau demam.

1 2 3Laman berikutnya

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker