DR. Asep Jayanegara Kader PBB Sahabat Yusril Ihza Mahendra

SELEPAS wafatnya KH. Muqaddas Murtadla, keluarga besar Partai Bulan Bintang (PBB) kembali kehilangan kader utamanya, Dr. Asep Rohana Jayanegara. Aktifis Dewan Da’wah yang sejak awal berdirinya partai ia sudah menambatkan hatinya di PBB. Ia mulai terjun terlibat dalam partai sejak kepemimpinan Yusril Ihza Mahendra sebagai ketua umum hasil Muktamar I PBB di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Hingga akhir hayatnya almarhum Asep Rohana Jayanegara tetap mejadi kader PBB dan tercatat sebagai salah satu pengurus Dapur Dai Nusantara (Da’ina) salah satu sayap partai PBB dengan ketua umum KH. Masrur Anhar. Asep wafat pada hari Sabtu 24 Juli 2021 pada usia ke-68 tahun.

Awal mula kenal baik dengan Asep Jayanegara, tahun 1980 di Lembaga Islam untuk Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LIPPM). Saat direkturnya Deliar Noer. Di LIPPM ini berkumpul berbagai aktifis muda dan mahasiswa. Husein Umar, Mutamimul ‘Ula, Hasan Basri, Mazni Yunus dan Rahmatullah Munaf dari PII. Sahar L Hassan, Zainal Abidin Urra, Ramli Hutabarat dan Zulkarnaen dari HMI.

Kemudian ada Nurhasan Junaedi, Asep Jayanegara, syamsir Syam Sinaga, Amiruddin, Khilda dan Uus dari Pemuda dan Remaja Masjid. Mursin MK (penulis) dari Pemuda Muhammadiyah. Kemudian ketika Direkturnya Anwar Harjono, masuk Yusril Ihza Mahendra juga dari HMI, Margono dan Suprio dari GPI.

Asep di LIPPM lebih menekuni bidang dokumentasi bersama Amiruddin. Asep audio visual dan Amir fotografi. Tim riret biasa dibantu keduanya. Belajar audio visial semua staff LIPPM terlibat bersama Mudatsir, dosen IKIP Muhammadiyah Jakarta. Kini menjadi Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka (UHAMKA). Hanya dalam pekerjaan staff berbagi tugas. Asep menangani audio visual. Hal ini yang membuat dirinya dikenal di lingkungan Dewan Da’wah, dengan sebutan Asep Video. Ilmunya sempat diturunkan kepada salah satu anaknya. Asep sendiri menekuni bidang lain yang berkaitan dengan keilmuan.

1 2 3Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker