Trending Topik

Empat Wakil Bulutangkis Indonesia Masuk Perempat Final Olimpiade Tokyo

Abadikini.com, JAKARTA – Cabang olahraga andalan Indonesia di Olimpiade Tokyo, Bulutangkis berhasil meloloskan tiga wakilnya ke perempat final dengan status juara grup.

Mereka adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Marcus Fernaldi Gideo/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Greysia/Apriyani lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo 2020 dengan status juara Grup A nomor ganda putri.

Kepastian itu didapat setelah Greysia/Apriyani mengalahkan wakil tuan rumah, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, pada laga terakhir Grup A, Selasa (27/7/2021) pagi WIB. Greysia/Apriyani tampil sangat solid dan berhasil membuat Yuki/Sayaka selaku ganda putri nomor satu dunia kewalahan.

Dalam tempo 84 menit, Greysia/Apriyani yang kini menempati ranking enam dunia sukses meraih kemenangan rubber game dengan skor 24-22, 13-12 dan 21-8. Greysia/Apriyani berhak lolos ke perempat final dengan status juara grup setelah berhasil menyapu bersih tiga laga Grup A dengan kemenangan.

Setelah Greysia/Apriyani, giliran Marcus/Kevin yang memastikan diri lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo 2020 dengan status juara Grup A ganda putra. Pada laga terakhir Grup A, Marcus/Kevin sebenarnya kalah rubber game dari wakil Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-lin, dengan skor 18-21, 21-15. dan 17-21.

Namun, Marcus/Kevin tetap berhak menempati puncak klasemen akhir Grup A karena pada laga lain Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) sukses menumbangkan Ben Lane/Sean Vendy (Britania Raya). Hasil dua laga terakhir Grup A membuat perolehan kemenangan Marcus/Kevin, Lee/Wang, dan Rankireddy/Setty, identik.

Ketiga pasangan tersebut tercatat mengoleksi dua kemenangan dari tiga laga Grup A. Situasi itu membuat penentuan klasemen akhir Grup A harus ditentukan lewat games differences tiga pasangan tersebut. Hasilnya, Marcus/Kevin unggul dari Lee/Wang dan Rankireddy/Setty. The Minions, julukan Marcus/Kevin, tercatat sukses memenangi lima gim dan hanya kalah dua kali dari tiga pertandingan Grup A. Itu artinya, games differences Marcus/Kevin dari tiga laga Grup A dalah +3.

Marcus/Kevin pada akhirnya berhak menempati puncak klasemen akhir Grup A karena unggul dari segi games differences atas Lee/Wang (+2) dan Rankireddy/Shetty (+1). Keberhasilan Marcus/Kevin lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo 2020 dengan status juara grup kemudian diikuti oleh senior mereka, Ahsan/Hendra. Kepastian itu tidak lepas dari keberhasilan Ahsan/Hendra mengalahkan wakil Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae, pada laga terakhir Grup D, Selasa (27/7/2021) siang WIB.

Ahsan/Hendra yang kini sudah berusia lebih dari 30 tahun terlihat masih bugar meskipun dipaksa Choi/Seo bermain sampai rubber game. Kemenangan atas Choi/Seo membuat Ahsan/Hendra dipastikan lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo 2020 sebagai juara Grup D. The Daddies, julukan Ahsan/Hendra, berhak lolos sebagai juara grup setelah berhasil menyapu bersih tiga laga Grup D dengan kemenangan.

Pada dua laga Grup D sebelumnya, Ahsan/Hendra sukses meraih kemenangan straight game ketika menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dan Jason Ho-shue/Nyl Yakura (Kanada). Hingga saat ini, sudah ada empat wakil tim bulu tangkis Indonesia yang berhasil lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo 2020. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo 2020 dari nomor ganda campuran.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker