Trending Topik

Ketua LHKP Muhammadiyah Nilai Penanganan Pandemi Masih Serba Amburadul

Abadikini.com, JAKARTA – Mengevaluasi pandemi yang telah berjalan selama 16 bulan di Indonesia, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yono Reksoprodjo menilai respon dan penanganan pandemi masih serba amburadul.

Menurut Yono, situasi pandemi diperburuk oleh respon pemerintah yang ambigu dan sikap masyarakat yang cenderung abai. Memberikan contoh, Yono mengutip bahwa virus Covid-19 di Indonesia berasal dari warga negara Jepang yang terinfeksi Covid di Malaysia namun karena tidak ada kebijakan preventif, orang bersangkutan berhasil masuk ke Indonesia.

“Dari infeksi tersebut ternyata ada beberapa orang lagi yang tidak ada kaitannya langsung dan kemudian pemerintah menyadari bahwa ada penularan yang memungkinkan, kemudian berubah menjadi lebih banyak,” kata Yono dalam forum Menakar Kebijakan PPKM Darurat, Rabu (21/7).

Melansir dari Muhammadiyah.or.id, Kamis (22/7/2021), menurut Yono, setelah menyadari virus telah menyebar, pemerintah menurutnya malah bimbang antara menyelamatkan nyawa warga Indonesia atau menyelamatkan ekonomi sehingga kebijakan bersifat tanggung.

“Setiap pihak yang ada kaitannya dengan perekonomian dan juga kemudian ada pihak-pihak yang ada catatan nggak penting seperti politik ini kemudian menyebabkan bahwa pada saat penularan masih sangat terbatas, (negara) tidak mengambil keputusan untuk melakukan tutup kunci atau lockdown, yang kemudian diketahui sebetulnya di berbagai negara ini adalah salah satu cara yang paling jitu,” jelas Yono.

1 2 3Laman berikutnya

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker