DPRD Akui Program Bupati Bermanfaat Bagi Masyarakat Banyak

Abadikini.com, BANTAENG, – Mahasiswa KKL Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar menggelar Diskusi Publik yang mengusung tema Kebijakan Pemerintah Kabupaten Bantaeng Dalam Mendorong Inovasi Pelayanan Publik Memasuki Tahun Kedua Pandemi Covid-19 di Pelataran Balang Institut, Kecamatan Bantaeng, Rabu (14/7) malam.

Diskusi itu menghadirkan pembicara Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, dan Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah Ahmad. Selanjutnya penanggap, Dosen Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar, Fajar, M.Si dan Mahbub Ali Muhyar. Turut hadir pula sejumlah kepala OPD maupun perwakilannya.

Ilham Azikin, bupati peraih penghargaan ketahanan pangan tingkat nasional itu mengatakan inovasi yang ada di daerah yang dipimpinnya tidak dipicu oleh adanya pandemi.

“Saya bersama teman – teman OPD dan jajarannya sejak awal sudah berkomitmen bahwa hari ini tentu sejauh mana organisasi itu mampu memberikan pelayanan yang maksimal,” kata dia.

Yang kedua, harus ada sesuatu selain menjadi motivasi bagi internal organisasi diharapkan yang akan diberikan kepada masyarakat membutuhkan magnet dimana pemerintah efektif memberikan pelayanan dan masyarakat merasakan kenyamanan mendapatkan pelayanan.

“Itu sudah sejak awal saya dorong. Bukan karena adanya pandemi. Saya juga dibantu penggiat sosial yang ada di Bantaeng merumuskan konsep inovasi sehingga sebelum pandemi kita pernah mendengar satu eselon IV tiga inovasi dan satu guru satu inovasi,” katanya.

Lebih daripada itu, dia juga memotivasi person di luar rangka struktural dalam organisasi untuk melahirkan sesuatu yang bisa digunakan dalam konteks pemberian pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan begini, masyarakat dapat berperan aktif dalam kerja – kerja pemerintah. Misalnya dalam inovasi administrasi kependudukan, kesehatan ibu dan anak dan ini akan menjadi magnet serta kesadaran bagi masyarakat dalam pelayanan,” ujarnya.

Dia juga memuji OPD yang ketika ruang – ruang inovasi dibuka berlomba – lomba menghadirkan inovasi. Namun kata dia, inovasi tidak dihadirkan hanya untuk dilombakan atau untuk mendapatkan reward dari pemerintah tingkat atas.

“Inovasi lahir dari orang – orang yang punya kreatifitas,” katanya.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker