Inilah Tugas Agen Pemain Sepakbola yang Kerap Raup Banyak Uang

Abadikini.comMino Raiola saat ini dikenal sebagai agen sepakbola yang paling kontroversial di dunia. Bisa dibilang, Raiola bagaikan dua sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan. Di satu sisi, ia dibenci oleh klub-klub. Pada sisi yang lain, banyak pemain bintang yang menjadi kliennya.

Sebelum membicarakan soal Raiola, ada baiknya kita mengenal agen sepakbola itu sendiri. Secara sederhana, agen bisa disebut sebagai perantara atau penguhubung antara pemain dengan pihak klub. Sebab, ia yang akan merepresentasikan pemain dalam urusan kontrak dan hal-hal terkait.

Maka dari itu, agen haruslah orang yang bisa dipercaya oleh pemain. Pasalnya, ia memiliki tugas untuk mengamankan kesepakatan terbaik bagi kliennya. Namun, kesepakatan terbaik yang dimaksud di sini bukanlah sekadar menegosiasikan gaji saja.

Sejatinya banyak faktor yang dipertimbangkan sebelum seorang pemain meneken kontrak dengan klub. Durasi kontrak, bonus yang disepakati, klausul tebus, hingga nilai transfer merupakan hal-hal yang menjadi bahan pekerjaan seorang agen untuk dinegosiasikan.

Selain membahas kontrak dengan klub, agen juga menjadi perantara pemain dengan para sponsor. Maka dari itu, para pemain yang namanya mulai naik daun biasanya mengganti agen mereka kepada sosok yang sudah berpengalaman dan punya jaringan luas.

Sebagaimana diketahui, saat ini pemasukan pesepakbola tidak hanya berasal dari gajinya di klub saja. Akan tetapi, kerja sama dengan berbagi merek produk, seperti sepatu, gim konsol, hingga jam tangan juga bisa menjadi sumber pendapatan pesepakbola.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker