Tekuk Filipina 4-0, Garuda Muda Pesta Gol

Abadikini.com, JAKARTA – Timnas U23 Indonesia menyingkirkan Filipina dari cabang sepakbola SEA Games Hanoi 2021 usai menang telak 4-0.

Pertandingan timnas Indonesia vs Filipina telah dihelat di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Jumat (13/5/2022) sore WIB.

Garuda Muda pesta gol berkat torehan dari Muhammad Ridwan (18′), Rizky Ridho (44′), Egy Maulana Vikri (75′), dan penalti Marselino Ferdinan (85′)

Hasil ini membuat Indonesia mengemas dua kemenangan dari tiga laga dan untuk sementara menjadikan Garuda Muda pemuncak klasemen Grup A SEA Games 2021 di atas Vietnam dan Myanmar, yang baru bermain dua kali.

Timnas Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-18. Tekanan yang terus diberikan tim Garuda Muda akhirnya berbuah gol pertama. Umpan terukur Egy disambar Muhammad Ridwan di dalam kotak penalti untuk membuat skor menjadi 1-0.

Satu menit jelang babak pertama usai, Timnas Indonesia U-23 bisa memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Umpan Syahrian Abimanyu mampu disundul Rizki Ridho untuk menggetarkan gawang Filipina dan skor tersebut bertahan hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama usai.

Pergantian dua pemain dilakukan Timnas Indonesia U-23 memasuki babak kedua. Syahrian Abimanyu digantikan Marselino Ferdinan dan Irfan Jauhari masuk menggantikan Muhammad Ridwan.

Pelanggaran keras dilakukan Christian Rontini kepada Marc Klok pada menit ke-49. Wasit asal Oman, Mahmood Al Majarafi pun langsung memberikan kartu kuning kepada Rontini.

Filipina mendapatkan peluang terbaik untuk memperkecil kedudukan pada menit ke-58. Jovan Bedic dalam posisi leluasa di kotak penalti dan melepaskan tembakan keras yang masih mengenai mistar gawang.

Tekanan semakin gencar diberikan Filipina memanfaatkan koordinasi pertahanan Timnas Indonesia U-23 yang tidak terlalu baik. Kali ini peluang didapat Oliver Bias yang masih belum berhasil menggetarkan gawang Timnas Indonesia U-23.

Timnas Indonesia U-23 yang terus tertekan mendapatkan satu peluang mencetak gol pada menit ke-65. Serangan balik cepat yang dibangun tim Garuda Muda mampu mencapai Marselino tetapi tembakannya bisa diblok kiper Filipina.

Timnas Indonesia U-23 akhirnya bisa mencetak gol ketiga di pertandingan ini. Umpan terukur Irfan Jauhari tidak disia-siakan Egy yang melepaskan tembakan keras ke sudut sempit untuk membuat skor menjadi 3-0 pada menit ke-74.

Lima menit berselang Rio Fahmi yang naik membantu serangan mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Sayangnya umpan yang diberikan Kambuaya tidak bisa dimanfaatkan Rio untuk memperbesar keunggulan atas Filipina.

Timnas Indonesia U-23 kemudian mendapatkan hadiah penalti setelah pemain pengganti, Ronaldo Kwateh dilanggar pemain Filipina pada menit ke-85. Marselino yang maju sebagai eksekutor melepaskan tembakan akurat yang membuat gawang Filipina bobol untuk kali keempat.

Gol yang dicetak Marselino jadi yang terakhir di laga ini. Timnas Indonesia U-23 berhasil mempertahankan kemenangan 4-0 atas Filipina dalam laga lanjutan fase grup SEA Games 2021 (2022).

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker