Trending Topik

Telkomsel Segera Luncurkan Layanan 5G

Abadikini.com, JAKARTA – Telkomsel dikabarkan akan melakukan peluncuran perdana layanan internet generasi kelima (5G) Telkomsel pada 37 Mei mendatang. Telkomsel menjadi operator pertama di Indonesia yang resmi menggelar layanan 5G secara komersil dan bisa dinikmati pelanggannya.

Namun, belum semua pengguna dapat menikmati layanan ini. Tahap awal ini Telkomsel baru menyebar jaringan 5G di enam area residensial di Jabodetabek, yakni Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, Widya Chandra, BSD, dan Alam Sutera Tangerang Selatan.

Akan menyusul, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Sementara kota dan lokasi lain di Indonesia masih belum diketahui kapan akan mendapat jaringan 5G.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan belum bisa diketahui dengan pasti kapan jaringan 5G akan merata di Indonesia.

“Kalau kita belajar dari 4G butuh enam tahun (untuk pemerataan), bayangan saya 5G bisa lebih pendek karena teknologi (jika) semakin canggih, (maka) semakin cepat implementasinya,” ujar Setyanto dalam acara konferensi pers di Kantor Kominfo, Senin (25/5/2021) kemarin..

Setyanto mengaku bahwa untuk menggelar 5G ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya mengenai modal yang sangat besar. Itu sebabnya, untuk tahap awal Telkomsel baru akan menyebar jaringan 5G di beberapa titik. Ia juga menambahkan bahwa penyelenggaraan 5G harus menyesuaikan dengan skenario penggunaan (use case).

“Use case ini adalah apa yang bisa kita berikan ke masyarakat, tujuannya jelas biar hidupnya lebih produktif dan lebih mudah,” ungkapnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker