15 Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam Terbaik

Abadikini.com – Film bisa mendapatkan inspirasi dari mana saja, termasuk kisah nyata. Banyak genre film yang bisa ditonton untuk hiburan keluarga. Dari mulai kartun, horor, fiksi, dan tentang bencana alam sekalipun.

Tema bencana alam biasanya bercerita seputar kota yang hancur dan bagaiman tokoh bisa bertahan untuk hidup. Hal ini lah bisa diambil untuk kehidupan nyata, sisi positif dari film seperti sabar, tekun, berusaha, dan berdoa.

Film tentang bencana alam pun cukup banyak diminati oleh banyak orang karena cukup menegangkan dan membuat ngeri. Bahkan sedih karena tokoh yang mampu membangkitkan emosi penonton.

Daftar Film Bencana Alam Terbaik

1. 2012 (2009)

film tentang bencana alam
Sumber gambar: Sony Pictures

Film yang tayang pada tahun 2009 ini, sempat membuat heboh dunia dan banyak dibincangkan. Pada tahun itu, dunia dihebohkan dengan ramalan yang mengatakan bahwa dunia akan berakhir pada tahun 2012, yang menjadi ide dan tema dari film ini.

Film 2012 ini bercerita tentang seluruh penduduk bumi yang tidak menyadari tentang bencana alam yang sangat besar yang akan melandanya.

Ilmuwan asal Amerika bernama Dr.Adrian, memperingatkan bahwa bencana besar akan datang dan mengulang kembali peradaban.

Film ini disutradarai oleh Roland Emmerich, dan dibintangi oleh John Cusack, Amanda peet, Chiwetel Ejiofor, dan Woody Harrelson.

Alur cerita dalam film ini berfokus pada keluarga Curtis yang berusaha bertahan hidup dari bencana alam besar yang terjadi di bumi.

2. Aftershock (2010)

film tentang bencana alam
Sumber gambar: CG Entertainment

Judul asli dari film ini adalah Tang Shan da di Zheng, yang merupakan film bencana alam dari Asia. Film ini menceritakan tentang rasa trauma dari seorang anak laki-laki bernama Fang Deng yang selamat dalam gempa Tangshan pada tahun 1976 di Cina.

Film ini tambah lebih realistik dengan minimnya efek-efek visual dan lebih memfokuskan cerita pada perkembangan karakter pasca tragedi bencana.

Meski begitu, film ini telah sukses menyentuh emosi penonton dan dapat menjadi pilihan film bencana alam terbaik untuk disaksikan.

3. Hafalan Shalat Delisa (2011)

film tentang bencana alam
Sumber gambar: Starvision

Tidak hanya merilis film-film komedi dan horror, dunia film di Indonesia juga sempat merilis film bertemakan bencana alam tsunami Aceh dengan nama Hafalan Shalat Delisa.

Meski tidak memiliki efek-efek visual terbaik, film ini tetap mampu menyentuh emosi penontonnya.

Film ini menceritakan tentang gadis kecil periang bernama Delisa yang tinggal di desa Lhok Nga di pesisir pantai kota Aceh.

Kedekatan Delisa dengan teman dan keluarganya, harus terhenti ketika Aceh dilanda tsunami yang memakan banyak korban, termasuk Ibu dan kakak-kakaknya Delisa.

Film garapan sutradara Soni Gaokasan dan penulis skenario Armantono ini mengajak penonton untuk pasrah dengan takdir namun tidak boleh menyerah pada keadaan terpuruk sekalipun.

4. The Impossible (2012)

film tentang bencana alam
Sumber gambar: Summit Entertainment

Masih seputar tsunami, film The Impossible ini menceritakan tentang turis Spanyol, Maria Belon beserta keluarganya yang sedang berlibur ke Thailand.

Namun, momen bersantai mereka berubah menjadi mimpi buruk ketika tsunami menerjang lokasi liburan mereka pada tahun 2004.

Bencana alam yang menimpa seluruh warga ini, membuat keluarga Maria terpisah satu sama lain. Sang ayah yang masih percaya kepada keluarganya pun terus mencari anggota keluarganya hingga mereka berkumpul kembali.

5. This is the End (2013)

film tentang bencana alam
Sumber gambar: Sony Pictures

Berbeda dengan film-film bencana alam lainnya, This is The End merupakan film bencana alam dengan sentuhan komedi di dalamnya.

Film seputar bencana alam ini dapat tampil lebih unik dengan memfokuskan film pada enam karakter yang terjebak di rumah ketika Los Angeles diterpa rangkaian bencana alam.

Keenam orang sahabat tersebut harus bertahan hidup dengan persediaan makanan yang sangat terbatas. Dengan pasokan yang sedikit, mereka pun harus keluar rumah dan menghadapi bencana untuk mencari makanan tambahan.

Dalam film ini, kita juga diajarkan untuk memaknai arti dari sebuah persahabatan yang sesungguhnya.

6. Pompeii (2014)

film tentang bencana alam
Sumber gambar: Sony Pictures

Film ini merupakan film aksi yang menceritakan tentang meletusnya gunung Vesuvius yang menghancurkan kota Romawi kuno, khususnya kota Pompeii.

Diangkat dari kisah yang terjadi pada tahun 79 Masehi, film ini menceritakan seorang budak yang menjalin cinta dengan putri majikannya.

Bukan hanya perbedaan kasta yang terdapat diantara keduanya, kisah romansa mereka juga dilanda bencana yang sangat hebat saat itu.

Gunung Vesuvius yang berada di dekat kota Pompeii, meletus dengan kekuatan 40 bom nuklir selama dua hari yang menghancur leburkan kota Pompeii dan menguburnya hingga 4 sampai 6 meter dalam abu.

Selain menyuguhkan aksi-aksi pertarungan gladiator di masa Romawi kuno, film bencana alam ini juga menunjukan betapa mengerikannya letusan gunung berapi dan dampaknya pada lingkungan sekitar.

7. San Andreas (2015)

film tentang bencana alam
Sumber gambar: Warner Bros

Alur cerita San Andreas mengikuti seorang pilot helikopter dari Departemen Penyelamatan bernama Ray.

Pada suatu hari, kota tempat tinggal Ray dan keluarganya mengalami gempa bumi yang menghancurkan kota tersebut dan ia pun berusaha untuk mencari putrinya.

Film yang mencampurkan unsur drama dan thriller ini juga menceritakan tentang masa perceraian Ray dan istrinya yang keduanya harus bekerja sama untuk fokus menyelamatkan anak mereka dari bencana alam.

8. The Wave (2016)

film tentang bencana alam
Sumber gambar: Magnolia Pictures

Bencana alam dapat datang kapan saja, baik di siang bolong ataupun di tengah malam ketika semua masyarakat terlelap.

Begitu yang diceritakan dalam film The Wave ini, dimana kota yang berada dekat gunung Akneset dan sungai dilanda tsunami akibat longsornya gunung.

Kristian, seorang ahli geologi dan juga seorang ayah, harus berjuang menyelamatkan anaknya dan mencari istrinya yang terjebak dalam bunker hotel saat tsunami menerjang.

Film yang menegangkan ini juga sukses memenangkan penghargaan-penghargaan film bergengsi di negara asalnya, Norwegia.

9. The Finest Hours (2016)

film tentang bencana alam
Sumber gambar: Walt Disney Studios

Selain dapat menambahkan wawasan kita tentang tragedi yang terjadi, film bencana alam yang diadaptasi dari kisah nyata juga bisa menjadi lebih menegangkan. Diangkat dari kisah nyata, film The Finest Hours ini menceritakan tentang mengerikannya badai laut.

Dibintangi oleh Chris Pine, Casey Affleck, Holliday Grainger, dan Ben Foster, film ini menceritakan empat crew angkatan laut yang berusaha menyelamatkan orang-orang yang terjebak dalam sebuah kapal minyak di tengah laut.

Dilengkapi dengan beragam aksi, film ini sukses menampilkan situasi yang mengerikan akibat dari badai laut.

10. Crawl (2019)

film tentang bencana alam
Sumber gambar: Paramount Pictures

Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, film bencana alam terbaik ini menggabungkan genre horror dan thriller yang meliputi bencana alam.

Haley dan ayahnya, Dave, terjebak di rumahnya ketika badai kategori 5 menerjang Florida dan mengharuskan warga untuk segera evakuasi.

Dikarenakan banjir yang sudah melanda, seekor alligator buas pun ikut terbawa arus dan memasuki wilayah rumah Haley. Mereka berdua pun harus bertahan hidup dan menghindari alligator tersebut untuk segera evakuasi dari badai yang menerjang tempat tinggalnya.

11. The Perfect Storm (2000)

The Perfect Storm merupakan salah satu drama bencana yang terinspirasi dari kisah nyata seorang nelayan, Andrea Gail. Dimana Ia terjebak dalam sebuah badai besar di kapal bersama crewnya pada tahun 1991. Film yang dibintangi oleh George Clooney ini naskahnya diadaptasi dari buku biografi dengan judul serupa karya Sebastian Junger. Menonton film ini, kita akan merasakan kengerian terjebak di tengah lautan lepas dalam keadaan badai besar yang siap menelan kapal kapan pun.

12. Geostorm (2017)

Geostorm merupakan film bencana alam dengan sentuhan fiksi ilmiah. Bercerita tentang sebuah sebuah satelit bernama ‘Dutch Boy’ yang mampu mengontrol iklim bumi. Akhirnya terjadi kesalahan program, menyebabkan bencana alam yang tidak diinginkan bermunculan di berbagai belahan dunia. Jake Lawson seorang desainer teknologi pun harus menjalankan misi menyelamatkan dunia.

13. Poseidon (2006)

Poseidon

Poseidon

Bagaimana jadinya jika sebuah gelombang tsunami menghantam sebuah kapal pesiar dan sialnya sobat menjadi salah satu penumpangnya?

Rasakan kengerian itu di Poseidon, salah satu film bertemakan bencana alam yang akan mempertontonkan betapa mengerikannya lautan.

Poseidon akan membawa sobat untuk menyaksikan pelayaran kapal pesiar mewah bernama Poseidon di malam natal.

Malam yang semestinya menjadi momen penuh suka cita tersebut berubah menjadi bencana saat gelombang tsunami menggulung kapal pesiar tersebut.

Kapal kemudian menjadi terbalik dalam sekejap. Hanya ada beberapa penumpang yang selamat.

Kini, mereka harus mencari cara untuk keluar dari kapal tersebut sebelum akhirnya tenggelam.

14. Ashfall (2019)

Ashfall

Ashfall

Mencari film bencana alam yang terbaru saat ini? Ashfall adalah jawabannya. Film buatan Korea Selatan belakangan ini semakin menunjukkan taringnya.

Menyuguhkan tema bencana alam dengan permainan efek CGI yang sangat realistis membuat Ashfall tampil outstanding.

Dibintangi oleh Bae Suzy, Ashfall mengisahkan tentang gunung berapi aktif yang tiba-tiba meletus di Gunung Baekdu.

Dalam sekejap, Korea Selatan dan Korea Utara mengalami kerusakan kota besar-besaran.

Tak tinggal diam, sebuah misi untuk menghentikan bencana susulan yang diprediksi akan datang dalam waktu dekat pun dilakukan dengan mengerahkan pasukan khusus Korea Selatan.

Only the Brave (2017)

Only the Brave

Only the Brave

Banyak sekali film bencana alam yang diangkat dari kisah nyata.

Salah satunya adalah Only the Brave dimana bencana yang ditampilkan di filmnya benar-benar ternyata di kehidupan nyata bahkan tercatat sebagai satu dari sekian banyak bencana alam paling bersejarah.

Ya, Only the Brave mengangkat kisah nyata dari Granite Mountain Hotshots, kebakaran hutan paling parah dan bersejarah di dunia.

Only the Brave akan menyoroti bagaimana aksi para pemadam kebakaran dalam menghentikan kobaran apik yang tentunya tidak akan mudah.

Menggunakan efek CGI yang sangat apik, Only the Brave terasa sangat nyata, sama seperti bagaimana kebakaran hutan tersebut terjadi di dunia nyata.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker