Kumpulkan Bantuan untuk Oranglain, Aksi Kemanusiaan Pecinta Bus NPM di Solok Curi Perhatian

Abadikinicom, KOTA SOLOK – Meskipun berkali-kali dikecewakan oleh orang yang dibantunya, aksi kemanusiaan dan peduli yang dijalankan Indra Kurniawan di Solok makin dapat tempat dihati publik. Pasalnya, selain dari perantau Minang aktifitas kerelawanan yang dilakukan oleh lelaki yang akrab di sapa Uda Indra Solok itu mendapat kepercayaan dari sejumlah pejabat, praktisi hukum, aparatur, pemerintah dan Lawyer di Kota berjuluk serambi madinah itu.

Sejumlah anggota DPRD Kota Solok juga tampak peduli pada aksi itu. Hari ini, Fraksi Solok Adil Makmur dan Fraksi Golkar ikut menyumbang untuk salah seorang warga yang dibantu uda Indra.

Selama ini banyak donasi dari perantau minang diseluruh tanah air, masyarakat dikampung halaman, ASN dan swasta. Alhamdulillah semua bantuan itu kami serahkan kepada penerima manfaat danndapat dipertanggungjawabkan,” tutur pria yang gemar melukis dan pecinta bus NPM ini pada reporter Abadikini.com, Senin (22/3/2021).

Dalam sejumlah aksi kerelawanan yang dilakukannya, ia acapkali mendapat dukungan spontan dari berbagai konunitas di Solok dan Sumbar. Tak heran apabila kegiatan menggalang bantuan yang ia lakukan ditengah rutinitasnya sebagai pelukis mendapat banyak sekali sambutan publik, jika ia sudah memposting aksinya di sosial media, bejibun datang bantuan. Bahkan, bantuan yang tiba kepadanya acapkali tak diduga-duga.

Kata dia, setiap donasi yang hendak disalurkan kepada penerima bantuan dapat dikirimkan melalui rekening BRI di Nomor 0091-01-016373-53-7 atasnama Nurlita Astuti dan donatur dapat mengkonfirmasi setiap donasinya melalui nomor telepon pribadinya di 082-111-498-485.

Saya selama ini menggunakan nomor rekening dan telepon pribadi saya untuk menggalang donasi dari donatur. Itu nomor rekening isteri saya, konfirmasi donasi bisa melalui nomor telepon saya dan Insha Allah donasi akan diserahkan pada yang berhak,” pungkasnya.

Kendati kegiatan itu melibatkan banyak elemen masyarakat maka kata uda Indra setiap penerima manfaat wajib menyediakan surat keterangan kurang mampu yang dikeluarkan oleh Pemerintah, salinan KTP dan Kartu Keluarga beserta foto keluarga yang akan diunggah ke sosial media. Setiap penggunaan data yang diberikan padanya sudah seizin dan sepengetahuan dari orang yang hendak dibantu oleh relawan yang dipelopori uda Indra itu tadi.

Bisa juga seluruh data tadi ditambah dengan data lain seperti Kartu PKH, Kartu tanda penerima raskin dan sebagainya. Yang jelas data yang berhubungan dengan penerima manfaat dan membuktikan kalau yang bersangkutan benar-benar layak dibantu,” papar dia.

Ia menegaskan, setiap pembukaan dan aksi relawan di lapangan hingga laporan penutupan donasi untuk seseorang berikut dengan laporan pertanggung jawaban ia sampaikan secara terbuka kepada publik melalui laman facebook pribadinya, yakni akun Uda Indra Solok.

Indra juga tak lupa mengatakan kalau dirinya juga bersedia menerima uluran tangan para dermawan yang ingin membantu oranglain yang membutuhkan dalam bentuk bantuan non uang, misalnya sembako dan kasur serta kursi roda untuk orang cacat. Khusus di Kota dan Kabupaten Solok uda Indra dan tim relawan yang dibinanya siap menjemput donasi ketempat donatur dengan pemberitahuan terlebuh dahulu. Kata dia, selain aksi tersebut, jika suatu waktu dirinya diperlukan oleh pemerintah untuk ikut dalam aksi sosial dan kerelawanan dilokasi bencana ia juga bersedia bergabung dan melibatkan diri.

Back to top button