Afriansyah Noor: Job Fair Mampu Menekan Angka Pengangguran Hingga 0 Persen

Abadikini.com, SOLOK – Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Afriansyah Noor sebut job fair mampu menekan angka kemiskinan di Kota Solok hingga 0 Persen.

Menurut Afriansyah, job fair memberi peluang pada tenaga kerja produktif untuk berkopentensi dalam bursa ketenagakerjaan. Kompetensi tersebut diwujudkan dengan ikut bergabung dalam job fair dengan masuk pada bidang kerja yang dibutuhkan oleh pemberi kerja.

“Generasi muda yang tamatan SMA maupun perguruan tinggi harus memanfaatkan peluang ini secara maksimal, agar kebuntuan yang terjadi akibat sulitnya mencari dan menemukan lapangan pekerjaan bisa diatasi melalui job fair,” kata Afriansyah Noor saat pembukaan job fair di gedung Kubuang Tigo Baleh Lukah Pandan Kota Solok, Senin (4/12/2023).

Dengan jumlah penduduk sebanyak 80.000 jiwa, untuk ukuran Kota Solok masih tergolong sulit dalam memperoleh kesempatan kerja. Apalagi minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia di wilayah Kota Solok, dimana di Kota Solok tidak ada perusahaan besar yang mampu menampung kebutuhan tenaga kerja.

“Job Fair sebuah peluang menemukan pekerjaan yang layak bagi generasi muda, tamatan SMA, dan perguruan tinggi. Manfaatkan kesempatan ini dengan baik sesuai skill dan ilmu yang dimiliki,” ujar Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) itu.

Walikota Solok Zul Elfian Umar mengakui pertumbuhan tenaga kerja terjadi begitu cepat, tiap tahun tamatan SMA dan perguruan tinggi begitu besar. Sementara lapangan pekerjaan malah mengalami penurunan sehingga kesempatan kerja makin sulit, dan job fair ini solusinya.

“Job Fair mempertemukan percari kerja dengan perusahaan penyedia lapangan pekerjaan. Manfaatkan peluang ini dengan baik dan persiapkan diri agar lolos dan diterima di perusahaan yang dilamar,” katanya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker