Trending Topik

Karena Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Ada Julukan ‘Negeri Seribu Lubang’ untuk Sijunjung

Abadikini.com, SIJUNJUNG – Hampir seluruh jalan pada Nagari yang ada di Kabupaten Sijunjung kini rusak parah. Pantauan Abadikini.com ketika berkunjung kesana beberapa waktu lalu menunjukkan banyaknya jalan yang berlubang. Sebab itu, dikalangan kaum millenial dan warga setempat Sijunjung dijuluki sebagai Negeri Seribu Lubang.

Selama 10 tahun terakhir di Tampunik Jorong Koto Panjang Nagari Limo Koto infrastruktur jalan tak pernah di perbaiki pemerintah setempat. Hal itu diketahui dari komentar warga yang melintasi kawasan tersebut.

Iya, jalan ke Tampunik tak pernah di perbaiki, bahkan 10 tahun Bupati Yuswir Arifin jalan ini begitu saja, berlubang dan penuh batu,”ungkap warga yang enggan ditulis namanya ketika diwawancarai reporter Abadikini.com, Jumat (19/3/2021).

Tak jauh dari situ, akses jalan dari Jorong Koto Panjang menuju Taratak Malintang juga sudah memilukan. Belum lagi di tempat lain seperti di Batu Balang tampak jalanan juga dipenuhi lubang.

Fandi (20) mahasiswa asal Sijunjung kepada media ini berharap supaya pemerintah daerah mengusahakan perbaikan jalan yang menjadi lokomotif penggerak ekonomi warga disana.

“Harapan saya, pemda sijunjung segera melakukan pendataan terhadap jalan yang rusak di kabupaten ini kemudian segera memperbaikinya, sebab kebanyakan jalan itu merupakan urat nadi ekonomi warga. Dengan perbaikan jalan maka pertanian bakal menggeliat, lihatlah, kini sijunjung sampai dijuluki negeri seribu lubang gara-gara jalan banyak yang rusak dan tidak kunjung di perbaiki,” katanya.

Selain jalan kabupaten, di Sungai Lansek jalan penghubung dengan Propinsi Jambi juga ditemukan mengalami kerusakan parah. Kerusakan jalan itu dapat memicu kecelakaan bagi pengendara maupun pengguna jalan. Hal ini semestinya sudah ditanggapi serius oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung.

Bagi pengguna jalan yang memasuki wilayah Kabupaten Sijunjung agar berhati-hati karena kerusakan jalan terjadi di mana-mana, tak percaya silahkan datang kesana melalui Solok atau Sawahlunto, lubang besar menganga akan langsung ditemui dipintu masuk Kabupaten Sijunjung. Dari arah Dharmasraya juga sama, ketika anda memasuki kawasan Tanah Badantuang maka jalan yang rusak akan sering ditemukan. Pengguna jalan harus selalu hati-hati dan memperlambat laju kendaraannya supaya selamat sampai ditempat tujuan.

Back to top button