Ini Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah

Abadikini.com – Anak terbiasa untuk tertib, disiplin, dan mengetahui arti dari tanggung jawab. Lalu, apa saja hak dan kewajiban anak di sekolah? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini, parents!

Berikut beberapa hak anak di sekolah:

1. Mendapatkan Ilmu Pengetahuan

Esensi dari bersekolah adalah mendapatkan ilmu pengetahuan. Maka, sudah sewajarnya bagi pihak sekolah untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada anak atau siswa. Pihak sekolah pun harus memastikan kualitas dari ilmu pengetahuan yang diberikan pada anak.

Selain itu, ketika guru tidak menghadiri kelas, anak berhak untuk mendapatkan guru pengganti agar proses belajar mengajar tetap berlangsung. Jika pihak sekolah tidak segera menyediakan, anak berhak lho untuk bertanya terkait guru pengganti.

2. Menggunakan Fasilitas Sekolah

Setiap sekolah umumnya memiliki fasilitasnya masing-masing. Nah, menggunakan fasilitas sekolah merupakan salah satu hak anak di sekolah. Contoh fasilitas sekolah, seperti ruang kelas, kantin, kamar mandi, lapangan, dan lain sebagainya.

3. Bertanya kepada Guru

Ketika dalam proses belajar mengajar, anak memiliki hak untuk bertanya apabila materi yang dijelaskan kurang dipahaminya. Bahkan, di luar jam kelas, anak juga masih memiliki hak untuk bertanya dan guru wajib menjelaskan hingga anak memahaminya.

4. Hak untuk Berpendapat

Selain hak untuk bertanya, anak juga memiliki hak untuk berpendapat. Ketika di ruang kelas, guru wajib memberikan kesempatan bagi anak untuk berpendapat. Anak juga tidak boleh dihukum apabila pendapatnya berbeda dengan guru atau pihak sekolah lainnya.

5. Perlindungan dari Pihak Sekolah

Pihak sekolah diberikan kepercayaan oleh orang tua siswa untuk menjaga dan melindungi anaknya. Oleh karena itu, sekolah wajib menjaga dan melindungi anak selama di sekolah tanpa membeda-bedakan latar belakangnya.

Kewajiban Anak di Sekolah

Berikut beberapa kewajiban anak di sekolah:

1. Mengikuti Peraturan Sekolah

Setiap sekolah pasti memiliki peraturannya masing-masing. Nah, kewajiban anak di sekolah yang pertama adalah mengikuti peraturan sekolah. Dengan begitu, proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan kondusif.

Mengikuti peraturan sekolah juga bisa sebagai sarana untuk melatih kedisiplinan anak. Kedisiplinan pastinya membawa manfaat bagi si kecil, seperti tumbuhnya kepekaan dan kepedulian, hidup yang lebih teratur, dan masih banyak lagi.

2. Menghargai dan Menghormati Guru

Kewajiban anak di sekolah yang berikutnya adalah menghargai dan menghormati usaha yang diberikan oleh guru. Menghargai dan menghormati guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas.

Contoh tindakan menghargai dan menghormati guru adalah mendengarkan ketika guru sedang menjelaskan materi, tidak terlambat datang ke kelas, dan lain sebagainya.

3. Menjaga Fasilitas Sekolah

Anak berhak menggunakan fasilitas sekolah, namun bukan artinya anak dapat menggunakannya semena-mena atau sembarangan. Sehingga, anak wajib menjaga fasilitas sekolah agar tetap dapat dipakai sesuai fungsinya.

4. Mengikuti Kegiatan Belajar

Mengikuti kegiatan belajar merupakan kewajiban anak di sekolah yang sudah seharusnya dijalankan anak. Sebab, mengikuti kegiatan belajar merupakan alasan mengapa anak pergi ke sekolah.

5. Menyelesaikan Tugas Sekolah

Guru memberikan tugas sekolah agar anak dapat menguasai materi yang dipelajari. Menyelesaikan tugas sekolah merupakan kewajiban anak di sekolah. Terlebih, menyelesaikan tugas sekolah juga berpengaruh pada nilai anak di sekolah.

6. Berpartisipasi dalam Kegiatan Sekolah

Kegiatan belajar tidak terbatas di ruang kelas saja. Biasanya sekolah juga mengadakan kegiatan belajar di luar ruang kelas, seperti pentas seni, upacara, senam pagi, dll.

Itulah Hak dan Kewajiban Anak Di sekolah yang harus kita ketahui, jangan sampai kita tidak tahu mengenak hak dan kewajiban tersebut

Sumber: Cakap.com

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker