Ini Dia Tempat Wisata Mistis Yang Pernah Dikunjungi Bung Karno 

Abadikini.com, JAKARTA – Kabupaten Banyuwangi adalah salah Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki segudang spot Wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ada kesenian dan budaya asli, lokasi wisata alam, wisata pantai, wisata air terjun bahkan wisata mistis yang tidak ditemukan di tempat lain.

Kabupaten yang pernah dijuluki “Kota Santet” ini memiliki tempat-tempat yang berbau mistis. Tak heran jika Banyuwangi menjadi tujuan bagi orang–orang yang ingin mempelajari ilmu hitam atau bertapa, salah satunya Goa Istana Alas Purwo.

Saking Mistisnya Bung Karno Pernah bersemedi di Goa Ini

Goa Istana yang terletak di Alas Purwo ini sering dijadikan oleh orang untuk bersemedi. Bahkan sang bapak proklamator Indonesia yaitu bung Karno pernah bersemedi di goa pertapaan ini.

Menurut cerita rakyat setempat disinilah bung Karno bertemu dengan penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Pada jaman dahulu disinilah para raja-raja berkumpul dan bertukar pikiran serta menenangkan diri di sekitar goa Istana.

Alas Purwo merupakan hutan tertua di pulau Jawa. Tempat itu juga terkenal sebagai tempat semedi mencari pesugihan dan berkumpulnya para jin. Disebut Alas Purwo sendiri konon juga diambil berdasarkan legenda yang berkembang di masyarakat.

Goa Istana Alas Purwo Tempat Wisata Yang Penuh Dengan Mistis.

Alas Purwo mempunyai makna ‘Hutan Pertama’ atau ‘Hutan Permulaan’. Penamaan itu juga sebagai mitos bahwa awal mula penciptaan Pulau Jawa dimulai dari Alas Purwo. Masyarakat sekitar pun juga mempercayai jika Alas Purwo sebagai tempat pemberhentian terakhir rakyat Majapahit yang menghindar dari serbuan Kerajaan Mataram. Bahkan, beberapa cerita menyebut jika di Alas Purwo masih menyimpan Keris Pusaka Sumelang Gandring.

Di goa istana ini jugalah yang menjadi pusatnya dari alas Purwo. Bagaikan sebuah kerajaan, disinilah keratonnya.

Cerita masyarakat yang berkembang pun menyebut jika Goa Istana ini dijaga oleh dua prajurit bangsa jin yang bertubuh besar. Selain itu, goa ini juga menjadi pusat semua penghuni yang ada di Alas Purwo. Bak sebuah kerajaan yang menyimpan banyak misteri Alas Purwo disinyalir merupakan pusat kerajaan makhluk halus di Tanah Jawa.

Alasan banyak orang yang bersemedi di Goa Istana sendiri tak lain ingin merubah garis kehidupan lebih baik. Banyak cerita menyebut orang-orang rela berdiam diri selama berpuluh-puluh hari demi mendapatkan wangsit, berkah hingga naik pangkat jabatan. Bahkan, tak hanya mencari wangsit saja, ada juga yang bersemedi demi mencari keris.

Tidak hanya Goa Istana saja yang menyimpan misteri, tetapi ada juga sebuah makam di Alas Purwo bernama Makam Mbah Dowo. Makam tersebut ditemukan pada 1960 oleh sekelompok pengembala kambing. Mempunyai panjang sekitar 7 meter, makam tersebut bukan makam jasad manusia melainkan tempat sebuah tombak pusaka milik empu Barada yang bernama Tombak Toro Welang.

Tombak tersebut pada masanya digunakan untuk melawan janda berilmu hitam, Calon Arang. Akan tetapi, Suryo Bojonegoro melanggar amanah dan membuka tempat pusaka sebelum sampai ke Istana Klungkung. Kejadian tersebut membuat tombak itu kembali ke tanah tanpa bisa diambil kembali.

Dikenal sebagai pusat kerajaan Jawa dan sarat akan unsur kejawennya, Alas Purwo ternyata juga mempunyai peninggalan Kerajaan Hindu. Terlihat dari pintu masuk terdapat peninggalan sejarah berupa Pura Agung yang menjadi tempat upacara bagi umat Hindu, yakni Pagerwesi. Pagerwesi sendiri mempunyai makna sebagai benteng perlindungan yang melambangkan kekuatan spiritual manusia.

Baca Juga

Back to top button