Trending Topik

Soal Chelsea, Frank Lampard Pernah Diingatkan Oleh Jose Mourinho

Abadikini.com, JAKARTA – Masalah Frank Lampard di Chelsea baru-baru ini mungkin tidak terlalu mengejutkan bagi Jose Mourinho. Sejak awal, eks bos The Blues itu sudah tahu Lampard akan menghadapi masalah besar.

Baca Juga

Beberapa pekan terakhir berjalan buruk bagi Chelsea. Mereka pernah menduduki puncak klasemen sementara, kini merosot drastis ke peringkat ke-8 karena rentetan hasil buruk.

Isu pemecatan Lampard pun menguat. Ada banyak masalah, sebut saja kegagalan memaksimalkan potensi pemain dan kecenderungan memilih pemain yang gagal membuktikan diri.

Masalah ini mungkin bisa dicegah andai Lampard mau mendengarkan saran Mourinho dua tahun lalu, apa itu?

Kala itu November 2019, Lampard baru empat bulan melatih Chelsea, Mourinho sudah pernah bicara soal gaya manajemen Lampard. Bahkan Mourinho memperingatkan Lampard bisa dipecat.

Mourinho masih belum melatih Tottenham saat itu, dia baru dipecat Manchester United dan memilih beristirahat sejenak. Itu pun musim debut Lampard sebagai pelatih, dan Mourinho sudah bisa melihat masalah sejak awal.

Di pekan pertama, Chelsea dihajar MU 0-4, sambutan yang kejam untuk Lampard. Untungnya dia kemudian bisa memksimalkan potensi pemain muda Chelsea dan finis di empat besar.

Mourinho bicara setelah beberapa pekan musim berlalu. Dia mengamati ada masalah di Chelsea saat menghadapi tim-tim top, Lampard sudah diperingatkan.

“Di pekan pertama saya sudah cemas [usai dikalahkan MU] dan saya masih cemas sekarang pada laga-laga besar,” buka Mourinho.

“Saya kira Lampard sudah bekerja fantastis dengan pemain-pemain muda yang bisa disatukan dengan pemain-pemain top, tapi mereka dua kali kalah lawan MU, kalah dari Liverpool, kebobolan empat gol lawan Ajax.”

“Saya ingin mereka menemukan keseimbangan antara sepak bola indah dan pragmatisme yang dibutuhkan tim top saat berhadapan di pertandingan,” imbuhnya.

Singkatnya, Mourinho menyarankan Lampard bahwa sepak bola tidak harus selalu indah. Sesekali Chelsea boleh bermain pragmatis asal bisa menang lawan tim top.

Peringatan itu terbukti musim ini. Chelsea belum pernah menang atas 6 tim di peringkat teratas Premier League 2020/21.

Hasil terbaik Chelsea adalah mengalahkan West Ham 3-0, saat ini West Ham menduduki peringkat ke-7, Chelsea satu setrip di bawahnya.

Selain itu, Chelsea belum pernah meraih hasil apik saat menghadapi Leicester, MU, Man City, Liverpool, Tottenham, bahkan Everton.

Sumber: Bola.net

Back to top button