Bantaeng Raih Peringkat Kelima Keterbukaan Informasi Publik

Abadikini.com, MAKASSAR –Pemerintah Kabupaten Bantaeng baru saja meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020 Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan. Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah kepada Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin, di Baruga Karaeng Pattingalloang, Sabtu (05/12/2020) Malam.

Bantaeng meraih penghargaan sebagai Badan Publik Peringkat V (cukup informatif) dalam implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, yang diinisiasi oleh Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan. Ini tentu menjadi angin segar di tengah maraknya pandemi Covid-19 di Kab. Bantaeng.

Gubernur Sulsel, dalam sambutannya menghaturkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Dikatakan oleh beliau bahwa kegiatan ini sangat baik untuk mengukur implementasi keterbukaan informasi publik di Sulsel. “Di era keterbukaan informasi sekarang ini, bukan waktunya untuk menutup-nutupi informasi bagi masyarakat. Karena siapa pun bisa mengakses informasi dengan mudah”, ujarnya.

Pemeringkatan keterbukaan informasi publik ini adalah kompetisi yang cukup bergengsi karena terkait transparansi pemerintahan melalui evaluasi kinerja terhadap pelibatan partisipasi publik. Prestasi ini dapat diraih karena Pemkab Bantaeng, dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika Statisik dan Persandian telah melakukan layanan info publik yang progresif baik melalui layanan PPID maupun melalui layanan langsung.

Ada 10 Kabupaten yang meraih penghargaan yakni Barru, Maros, Wajo, Enrekang, Pangkep, Bantaeng, Bone, Sinjai, Luwu Utara, dan peringkat I adalah Kota Pare-Pare. Hadir pada kesempatan itu antara lain Ketua Komisi Informasi Sulsel, Pahir Halim, serta para Bupati se-Sulsel yang sempat hadir.

Setelah penyerahan penghargaan, Wabup Bantaeng didampingi Ketua Panitia Hari Jadi Bantaeng ke-766, bersilaturrahmi sekaligus mengundang secara langsung Gubernur Sulsel untuk hadir pada Peringatan HJB ke-766 yang jatuh pada 7 Desember 2020 mendatang.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker