Berdasarkan Sejarah, Cak Nun Sebut Rizieq Shihab Tak Pantas Dipanggil Habib

Abadikini.com, JAKARTA – Silsilah keluarga besar Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab dibongkar oleh budayawan sekaligus seniman kawakan Indonesia Cak Nun.

Dalam sebuah ceramahnya yang tersebar di YouTub Qahar Quotes, Cak Nun mengungkapkan tidak cocok Rizieq Shihab menggunakan sebutan Habib. Menggunakan kata Habib, Cak Nun menyebut justru Rizieq lebih tepat dipanggil dengan sebutan Syarif.

“Jadi, yang memimpin aksi 212 dan 411, Rizieq Shihab itu bukan habib, tapi Syarif Rizieq. Lho, pasti kalian semua bingung, kan?” kata Cak Nun.

Cak Nun mengatakan Syarif merupakan panggilan untuk turunan Sayyidina Husein. Namun, keturunan Sayyidina Hasan bin Ali dipanggil Sayyid.

Cak Nun berpendapat, panggilan Habib yang dilekatkan kepada Rizieq Shihab tidak cocok jika dirinya adalah keturunan Nabi Muhammad SAW.

“Pokoknya, kalau bisa yang kayak begitu kita cari tahu. Saya kalau manggil Rizieq Shihab itu ‘rif, syarif…’, gitu. Karena dia memang syarif. Kalau habib itu enggak ada hubungannya dengan zuriat atau darah Nabi Muhammad,” ujarnya.

Lanjutnya, Cak Nun bercerita soal pemaknaan istilah Habib di Indonesia dan negara-negara di Timur Tengah yang cenderung berbeda.

Bahkan, status Habib di Timur Tengah bisa disematkan kepada orang-orang yang pergi ke Mekah dan Madinah untuk menyampaikan rasa cinta mereka terhadap Nabi.

“Kalau habib dari Arab itu orang-orang Yaman dan negara-negara pinggiran yang datang ke Mekah dan Madinah untuk mencari Rasulullah, karena mereka sangat kagum dan mencintai Rasulullah. Makanya, mereka disebut ‘habib’ karena mereka cinta kepada Rasulullah,” tandasnya.

Baca Juga

Back to top button