Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat Sidoarjo jadi Prioritas Program Unggulan Paslon Kelana-Astutik

Abadikini.com, SIDOARJO – Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Kelana Aprilianto dan Dwi Astutik juga sangat konsen terkait urusan kesehatan bagi semua lapisan masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Hal itu dibuktikan dalam program unggulan ketiga terkait ‘Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat’.

Lalu bagaimana caranya ??? duet pasangan yang diusung koalisi PDIP-PAN itu sudah mengkonsep penyediaan layanan kesehatan sampai tingkat kelurahan dan desa. Ketersediaan layanan tersebut merupakan fasilitas puskesmas pembantu (pustu) yang sudah ada di tiap desa dan kelurahan.

Hanya saja, fasilitas puskesmas pembantu tersebut masih kurang optimal. Mas Kelana menyatakan, pustu di setiap desa dan kelurahan itu akan didorong bahkan digelontorkan anggaran yang cukup agar pelayanan kesehatan masyarakat di kelurahan dan desa semua terpenuhi.

“Agar semua elemen masyarakat bisa menjangkau pelayanan kesehatan cukup di tingkat desa dan kelurahan, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu,” harapnya.

Selain itu, untuk menunjang pelayanan ditingkat kelurahan dan desa se-Sidoarjo, Mas Kelana dan Bunda Astutik juga akan menyediakan ambulan gratis untuk setiap kelurahan dan desa.

Hal itu untuk menunjang pelayanan kesehatan bila sewaktu-waktu masyarakat dalam keadaan insidentil, misalnya mau melahirkan atau berobat ke rumah sakit dalam keadaan terdesak memerlukan mobil ambulance.

“Jadi tidak sampai harus mencari atau menunggu lama bila membutuhkan mobil ambulance. Bila tiap kelurahan dan desa punya sendiri semakin cepat tertangani, apalagi mobil ambulance itu sangat membantu bagi masyarakat yang tinggal di pelosok desa di Kabupaten Sidoarjo,” jelas Mas Kelana.

Selain pengkatan pelayanan dan menyediakan mobil ambulance di tiap kelurahan dan desa, paslon nomor urut 3 tersebut juga memperhatikan peningkatan peran posyandu balita dan manula di Kabupaten Sidoarjo. Sebab, melalui peningkatan posyandu akan menjamin kesehatan bagi balita dan manula yang diketahui kesehatannya terdata secara berkala.

Program unggulan ketiga Kelana Aprilianto-Dwi Astutik tersebut merupakan bagian lanjutan program kedua yang telah disiapkan memihak kepada masyarakat untuk ‘melindungi warga miskin dan anak terlantar’ melalui bantuan langsung tunai, BPJS Kesehatan gratis, gratis belajar 12 tahun serta menyediakan mata pencarian yang layak dan berkelanjutan. (*)

Baca Juga

Back to top button