10 Contoh Teks Pidato Bahasa Inggris yang Baik dan Benar Beserta Artinya

Abadikini.com – Dalam dunia publik, kita mengerti bahwa pidato merupakan suatu kegiatan di mana kita berbicara di depan khalayak umum untuk menyampaikan pendapat atau aspirasi mengenai suatu hal yang penting dan layak diperbincangkan.

Tapi tenang, di sini kami tidak akan membahas mengenai seluk beluk dari pidato, kok. Namun, di sini kami akan membahas mengenai pembukaan pidato dalam bahasa Inggris yang mana merupakan suatu elemen penting untuk melengkapi pidato itu sendiri.

1. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Pertama

Bahasa Inggris:

Ladies and gentlemen,

Today, November 10, we must know that our predecessors had fought and sacrificed their whole body and soul to drive the invaders out of our land, Indonesia. They valiantly fought against the allied forces that continued to bombarded Surabaya land, sea and air. But their determination was never loosed and they still dare to fight for this nation’s dignity. Even though they were outnumbered, didn’t have enough weaponry, but they remain united in order to reach the goal of the independence of Indonesia.

Therefore, on this 10th of November, I will deliver a short speech in order to commemorate the Heroes Day so that we can follow the spirit of their struggle to fill the independence that has been passed on to us today. Before, let us together fire the spirit of the heroes who have inherited to us.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Hadirin sekalian,

Hari ini, tanggal 10 November, kita harus mengetahui bahwa para pendahulu kita telah berjuang dan mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk mengusir para penjajah dari tanah air kita, Indonesia. Mereka dengan gagah berani melawan pasukan sekutu yang terus membombardir Surabaya dari darat, laut, dan udara. Namun tekad mereka tidak pernah tergoyahkan, mereka tetap berani memperjuangkan harga diri bangsa ini. Meskipun mereka kalah jumlah, kalah persenjataan, namun mereka tetap bersatu demi mewujudkan satu cita yakni merdekanya negara Indonesia.

Oleh karena itu, pada tanggal 10 November ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato singkat dalam rangka untuk memperingati Hari Pahlawan agar kita bisa meneladani semangat perjuangan mereka untuk mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan kepada kita saat ini. Sebelumnya, mari kita bersama-sama mengobarkan api semangat yang telah para pahlawan wariskan kepada kita.

2. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kedua

Bahasa Inggris:

Ladies and Gentlemen,

Before I start, what is the first thing we see in here? Yes, the first thing we see is scattered trash everywhere. Isn’t this kind of thing disturb our view? Even though we all know that garbage is the source of disaster. Garbage can cause disease through the air we breathe. Imagine if every day we breathe the polluted air produced by those garbages, of course, this is very dangerous for all of us.

Therefore, through this short speech, I will remind all of you how important it is to keep the environment clean. Hopefully what is delivered can be useful for all of us.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya mulai, apa hal pertama yang kita lihat di sini? Ya, hal pertama yang kita lihat adalah sampah berserakan di mana-mana. Bukankah hal semacam ini mengganggu pandangan kita? Padahal kita semua tahu bahwa sampah adalah sumber bencana. Sampah dapat menyebabkan penyakit melalui udara yang kita hirup. Bayangkan jika setiap hari kita menghirup udara tercemar yang dihasilkan oleh sampah-sampah itu, tentu saja, ini sangat berbahaya bagi kita semua.

Karena itu, melalui pidato singkat ini, saya akan mengingatkan Anda semua betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

3. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Ketiga

Bahasa Inggris:

Have we ever realized why do the entrepreneurs have bigger body compared with the employees? It is still a mystery to me, why can it happen? But after I find out and asked my businessmen friends, it turned out it is none other than it is because everything entrepreneurs do is sleeping. They don’t need to work because money is working for them. Meanwhile, the employees should work all day and drain their time and energy. As a result, they become thinner.

Therefore, through this short speech, I will convey how important it is to grow the entrepreneur spirit within us. So that later we can become a successful person and have a fatty stomach also of course.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Pernahkah kita menyadari mengapa pengusaha memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan karyawan? Ini masih menjadi misteri bagi saya, mengapa itu bisa terjadi? Tetapi setelah saya mencari tahu dan bertanya kepada teman-teman pengusaha saya, ternyata tidak lain adalah karena semua yang dilakukan pengusaha adalah tidur. Mereka tidak perlu bekerja karena uang bekerja untuk mereka. Sementara itu, karyawan harus bekerja sepanjang hari dan menghabiskan waktu dan energi mereka. Hasilnya, mereka menjadi lebih kurus.

Karena itu, melalui pidato singkat ini, saya akan menyampaikan betapa pentingnya menumbuhkan semangat wirausaha di dalam diri kita. Sehingga nantinya kita bisa menjadi orang yang sukses dan memiliki perut berlemak juga tentunya.

4. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Keempat

Bahasa Inggris:

O youths,

How are you guys? I’m sure you’re all in good health. Before I start, have you guys know me already? There is a saying that if you don’t know a person, how can you love that person? Therefore, I would like to introduce myself first. My name is Muhammad Ajie Setia Selalu Untukmu, you can call me Ajie. I was born on February 9th 1997 in Makassar. Right now, I’m working on my own business and farming catfish. Do you guys want to be an entrepreneur like me?

If so, in this opportunity I will tell you some of my bitter experiences in building a business. Hopefully, you will later be motivated when pursuing this field.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Wahai kaum muda,

Apa kabar kalian? Saya yakin Anda semua dalam keadaan sehat. Sebelum saya mulai, sudahkah Anda mengenal saya? Ada pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Karena itu, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Muhammad Ajie Setia Selalu Untukmu, Anda bisa memanggil saya Ajie. Saya lahir pada 9 Februari 1997 di Makassar. Saat ini, saya sedang merintis bisnis saya sendiri dan beternak ikan lele. Apakah kalian ingin menjadi pengusaha seperti saya?

Jika demikian, dalam kesempatan ini saya akan memberi tahu Anda beberapa pengalaman pahit saya dalam membangun bisnis. Semoga, Anda nantinya akan termotivasi saat mengejar bidang ini.

5. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kelima

Bahasa Inggris:

First of all, let us praise and thank the presence of Allah Almighty, for the abundance of grace and the joy of all of us can still gather in this place without any barriers at all and in good health. Not forgetting the salawat and greetings we pour out to the Prophet Muhammad who has brought us out of the dark ages to the era of bright light today, namely Islam. May we all get intercession on the end, amen.

On this occasion, allow me standing here to deliver a couple of sentence speeches that will bring us back in the glory of Indonesia.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt, atas limpahan rahmat dan nikmatnya kita semua masih bisa berkumpul di tempat ini tanpa adanya halangan sedikitpun dan dalam keadaan sehat walafiat. Tidak lupa salawat serta salam tetap kita curah limpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju ke zaman yang terang benderang saat ini, yakni agama Islam. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya pada yaumil akhir kelak. Amin.

Pada kesempatan kali ini, ijinkanlah saya yang berdiri di sini menyampaikan sepatah dua patah kalimat pidato yang akan membawa kita semua kembali pada masa kejayaan Indonesia.

6. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Keenam

Bahasa Inggris:

Have you ever thought about the relationship between prosperity and a fat stomach? I ever. However, I am also not sure if there is a connection. Maybe they are brother zone, friendzone, ojekzone, or also TTM (friend but intimate). Hahaha, that’s pretty well. Okay, back to the topic between the fat stomach relationship and prosperity. When employees are in regular positions, they tend to be thin. When employees get into office until they become high officials, their stomachs tend to be fat. Actually, I’m also not so sure that what I just told has something to do with the speech I’m about to deliver. So why am I interested to discuss it?

Ouch, it does not matter. Now, let’s be serious, but not that serious.

Ladies and gentlemen,

Through this speech, I would like to say a few words about the importance of maintaining the integrity of the self in carrying out duties and responsibilities in the work.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Apakah Anda pernah berpikir tentang hubungan antara kemakmuran dengan perut yang gemuk? Saya pernah. Namun, saya juga tidak yakin apakah ada hubungannya. Mungkin mereka brotherzone, friendzone, ojekzone, atahu juga TTM (teman tapi mesra). Hahaha, lumayan juga ya. Baiklah, kembali lagi pada permasalahan antara hubungan perut gemuk dan kemakmuran. Ketika para pegawai masih dalam jabatan biasa, mereka cenderung kurus. Ketika para pegawai naik jabatan hingga mereka menjadi pejabat tinggi, perut mereka cenderung gemuk. Sebenarnya, saya juga tidak begitu yakin bahwa yang baru saja saya ceritakan ada hubungannya dengan pidato yang akan saya sampaikan. Lantas, kenapa ,ya, saya tertarik untuk membahasnya?

Aduh, tidak penting, deh. Sekarang, mari kita serius, tapi tidak serius-serius banget.

Hadirin sekalian,

Melalui pidato ini saya ingin menyampaikan sepatah dua patah kata tentang pentingnya menjaga integritas diri dalam mengemban tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan.

7. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Ketujuh

Bahasa Inggris:

Ladies and gentlemen,

Today is the day before the Independence Day of the Republic of Indonesia. Today certainly makes us remember our predecessors, freedom fighters who have sacrificed all their souls and bodies to dispel and expel the invaders from our homeland, beloved Indonesia.

With great courage, our heroes fight the colonial forces and allies who continue to bombard our country from land, sea and air. However, the heroes are not afraid to come up against it. They dare to fight for the dignity of this nation.

That spirit is what we should continue to achieve a long-lasting glory. We should not be oppressed by other nations who arbitrarily colonize improper means such as drug smuggling and so on.

Therefore, on this occasion, allow me to deliver a speech about the struggle for the dignity of the nation.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Hadirin yang saya muliakan,

Tepat hari ini adalah hari sebelum hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini tentu membuat kita teringat dengan para pendahulu kita, pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk menghalau dan mengusir para penjajah dari tanah air kita, Indonesia tercinta.

Dengan sangat gagah berani, para pahlawan-pahlawan kita melawan pasukan penjajah dan sekutu yang terus membombardir negeri kita dari darat, laut dan udara. Tetapi, para pahlawan tidak gentar untuk maju melawan. Mereka berani memperjuangkan martabat bangsa ini.

Semangat itulah yang seharusnya kita teruskan untuk mencapai kejayaan yang tahan lama. Kita tidak boleh tertindas oleh bangsa lain yang seenaknya menjajah cara-cara yang tidak layak seperti penyelundupan narkoba dan sebagainya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk menyampaikan pidato tentang pemerjuangan harkat dan martabat bangsa.

8. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kedelapan

Bahasa Inggris:

Ladies and Gentlemen,

Before I get into the core of my speech today, let’s ponder for a moment what has happened near us, in our neighborhood. How concerned about the circumstances around us. Many people still have not moved their heart to dispose of the garbage in its place, even there is still not hesitate to throw garbage from inside their personal vehicle. The phenomenon, of course, makes our environment is not clean and less unsightly. Not only that, the scent of scattered trash disrupt and can be a source of disease. Moreover, the flood disaster could threaten our environment. Are not these circumstances harmful? Have we maintained our environment well?

On all of these issues, then let me here to convey some of my assumptions about this increasingly worrying garbage issue.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya masuk ke inti pidato saya hari ini, mari kita merenungkan sejenak apa yang telah terjadi di dekat kita, di lingkungan kita. Betapa memprihatinkan keadaan di sekitar kita. Banyak orang yang masih belum tergerak hatinya untuk membuang sampah pada tempatnya, bahkan masih ada yang tidak segan untuk membuang sampah dari dalam kendaraan pribadi mereka. Fenomena tersebut tentu saja membuat lingkungan kita tidak bersih dan kurang sedap dipandang. Tidak hanya itu, aroma sampah yang berserakan mengganggu dan dapat menjadi sumber penyakit. Terlebih lagi, bencana banjir bisa mengancam lingkungan kita. Bukankah keadaan-keadaan tersebut membahayakan? Sudahah kita menjaga lingkungan kita dengan baik?

Atas semua permasalahan tersebut, maka izinkanlah saya di sini untuk menyampaikan beberapa asumsi saya mengenai permasalahan sampah yang semakin hari semakin memprihatinkan ini.

9. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kesembilan

Bahasa Inggris:

Greetings.

How are you, young Indonesians? Hopefully, everything is in a healthy state and always blazing the spirit of nationalism in the soul. There is a saying that if you don’t know a person, how can you love that person? My name is Tiara Resita Cahyani or commonly called Tiara. I was born on February 12th 1991, in Australia. Lively and grew up in the kangaroo country for 17 years. I currently study at the Sydney Classical School of Education. In addition, I am also active in youth organizations engaged in the education and protection of abandoned children.

That’s all for the introductions that I can make in this speech. Furthermore, allow me to be able to deliver my speech about…

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Salam semangat wahai pemuda-pemudi, Indonesia.

Apa kabar, pemuda-pemudi Indonesia? Semoga semuanya dalam keadaan yang sehat walafiat dan selalu berkobar semangat nasionalisme di jiwa. Apakah kalian sudah mengenal saya? Mungkin, ada yang sudah mengenal saya di sini? Baiklah, karena pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang, mari kita berkenalan terlebih dahulu. Perkenalkan, nama saya adalah Tiara Resita Cahyani, atahu biasa dipanggil Tiara. Saya dilahirkan pada tanggal 12 Februari 1991 di Australia. Hidup dan besar di negeri kangguru tersebut selama 17 tahun. Saat ini saya menempuh pendidikan di Sydney Classical School of Education. Selain itu, saya juga aktif dalam organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang pendidikan dan perlindungan anak-anak terlantar.

Sekian perkenalan dan pembukaan yang bisa saya sampaikan pada pidato kali ini. Selanjutnya, izinkan saya untuk dapat menyampaikan pidato saya mengenai…

10. Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris yang Kesepuluh

Bahasa Inggris:

Thanks to the attendees who have taken the time to attend the speech event that I will convey at this opportunity. What an honor for me to stand here and deliver a speech.

First, let us praise to the presence of God the Merciful God who has bestowed our pleasures, for the health, the opportunities, and the happiness we feel today. Without His mercy, it is impossible for all of us to enjoy this.  Secondly, Salawat and greetings remain poured to the Prophet Muhammad SAW who has been fighting for Islam and guiding us on the path of Allah Almighty. Furthermore, allow us on this happy occasion, to give a speech representing our graduates, both Undergraduate Programs and Master Degree Programs.

Without lingering longer, I will soon start to talk about the speech I am going to deliver this time …

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Bismillaahirrahmaanirraahiim

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh

Terimakasih kepada para hadirin yang telah menyempatkan diri untuk hadir pada acara pidato yang akan saya sampaikan di kesempatan kali ini. Sungguh suatu kehormataan bagi saya yang dapat berdiri di sini dan akan menyampaikan pidato nantinya.

Terlebih dahulu, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Tuhan YangMaha Penyayang yang telah menganugerahkan berbagai kenikmatan kepada kita, terlihat dengan kesehatan, kesempatan, dan kebahagiaan yang kita rasakan hari ini. Tanpa kemurahan-Nya, mustahil semua ini dapat kita nikmati. Kedua, Shalawat serta salamsemoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memperjuangkanIslam dan menuntun kita pada jalan yang diRidhai Allah SWT. Selanjutnya, perkenankan pada kesempatan yang berbahagia ini, kami memberi sambutan mewakili rekan-rekan wisudawan, baik Program Sarjana Strata 1 maupun Program Pascasarjana Strata 2.

Sumber Berita
Cakap.com

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker