Istilah dan Singkatan Terkenal di Whatsapp Dalam Bahasa Inggris

Abadikini.com – Sebagian besar masyarakat di Indonesia pasti mengenal apa itu Whatsapp. Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang esensinya cukup kuat di era digitalisasi ini.

Berbicara mengenai Whatsapp, tidak lepas kaitannya dengan pengguna, komunikasi, dan bahasa yang digunakan saat chatting. Para pengguna Whatsapp pasti tidak asing dengan berbagai istilah dan singkatan di Whatsapp.

Namun, sudahkah kamu mengetahui istilah dan singkatan-singkatan gaul dan populer di Whatsapp? Kalau belum, kamu harus tahu artinya sekarang juga!

Singkatan di Whatsapp yang Harus Kamu Tahu

Singkatan merupakan hasil menyingkat atau memendekkan suatu kalimat yang dijadikan huruf atau gabungan huruf. Singkatan di Whatsapp merupakan singkatan-singkatan yang sering digunakan saat chatting. Bagi kamu para kaula muda yang sering menggunakan singkatan gaul saat chatting, kamu harus tahu arti dan kepanjangannya!

IKR – I Know, Right

Singkatan di Whatsapp yang pertama adalah IKR. IKR merupakan singkatan dari I Know, Right. Frasa IKR artinya ‘aku tahu, kan’. Frasa ini digunakan untuk menyatakan bahwa kamu sudah mengetahui hal yang sedang disampaikan atau dibicarakan pembicara.

Contoh;

A: The painting is so beautiful.

B; IKR (I know, right).

IBF – Internet Best Friend

Arti IBF di Whatsapp adalah teman internet terbaik. IBF merupakan singkatan dari ‘Internet Best Friend’. Bagi para pengguna internet 24/7 yang selalu terpaku pada internet dan kecanggihannya, pasti singkatan ini relate banget bukan dengan dirimu?

Contoh;

A; Weekend is here!

B; Yes, the weekend is here,  time to go back to IBF.

BACA JUGA : 10 Contoh Teks Bahasa Inggris yang Baik dan Benar Beserta Artinya 

HWAT – What

Jika dilihat dari arti katanya, HWAT mungkin lebih cocok disangkut pautkan dengan permainan huruf dan bunyi.

Hwat memiliki dua arti, arti pertama berkaitan dengan permainan huruf, yaitu dari ‘what’ kemudian menjadi ‘hwat’. Jadi, ‘hwat’ di sini memiliki arti ‘apa’. Kata ini biasanya digunakan sebagai ekspresi ketika temanmu mengatakan sesuatu yang tidak jelas berulang kali.

Sedangkan ‘hwat’ yang kedua identik dengan permainan bunyi. Jika didengar sepintas, ‘hwat’ hampir mirip bunyinya dengan ‘hot’, sehingga ‘hwat’ di sini memiliki arti ‘panas’.

Contoh;

  • Hwat? Guys please say something clearly.
  • This Coffee is so hwat!

ATM – At the Moment

Nah singkatan di Whatsapp yang satu ini rasanya nggak asing ya, ATM. Eits, tapi ini bukan ATM yang berbentuk kartu ya Sobat Cakap. ATM ini singkatan dari ‘At the moment’ yang artinya ‘saat ini’. Untuk menggunakan singkatan di Whatsapp ini, kamu harus benar-benar memahami momen, agar kamu tidak keliru menangkap konteksnya.

Contoh;

A; Let’s exercise at Sudirman!

B; Sorry, having breakfast on toast in the Himalayas atm. So, don’t bother me first.

BAE – Before Anyone Else

BAE adalah salah satu singkatan di Whatsapp yang memiliki arti ‘sebelum orang lain’. Singkatan ini digunakan untuk meyakinkan teman, sahabat, atau orang-orang tersayangmu bahwa kamu selalu mengutamakan dia di atas orang lain.

Contoh;

A; I’ve come back from Paris. I will go to give this gift to you Bae.

B; That’s so cute!

Singkatan Lainnya yang Sering Digunakan di Whatsapp

Selain singkatan di atas, ada beberapa singkatan nama fitur Whatsapp dan singkatan lainnya yang intensitas penggunaannya tidak kalah sering, loh!

VN – Voice Note

VN atau juga dikenal dengan Voice Note merupakan singkatan nama fitur Whatsapp yang digunakan untuk mengirim pesan suara. Fitur ini sangat efektif buat kamu yang tidak suka berbelit-belit dengan tulisan atau kata-kata.

VC – Video Call

Istilah ini kerap kali digunakan untuk kamu yang akan memulai panggilan video atau video call. Selain digunakan untuk penyebutan Video Call, VC juga sering dikenal sebagai Voice Call atau panggilan telepon.

PC – Personal Chat

Seperti yang kita tahu bahwa di aplikasi Whatsapp, orang-orang bisa membuat grup obrolan. Jika kamu ingin menghubungi seseorang dalam group secara pribadi, biasanya istilah yang digunakan adalah PC. Apa itu PC? PC adalah Personal Chat. Karena bersifat personal, maka hanya dikirim di room chat pribadi saja.

Seiring berkembangnya zaman, bahasa juga berkembang begitu dinamis. Salah satu ciri kedinamisan bahasa tergambar dari banyaknya singkatan di Whatsapp yang seolah menjadi magnet baru yang sedang digandrungi penggunaannya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker