Kantongi Bukti Aktor Yang Suruh Demo Rusuh Cipta Kerja, BIN Siap Bawa ke Ranah Hukum

Abadikini.com, JAKARTA – Disahkannya UU Cipta Kerja oleh DPR pada Senin (5/10/2020) lalu memang menuai protes dari banyak pihak. Demo besar-besaran pun berakhir ricuh dengan pembakaran sejumlah fasilitas publik.

Ini tentu membuat bangsa menangis, menyaksikan aksi anarkis serta bentrokan antara massa dan petugas keamanan yang dipicu oleh oknum tak bertanggung jawab.

Badan Intelijen Negara (BIN) akhirnya sudah mengantongi nama aktor yang berperan di balik ricuhnya demo penolakan Omnibus Law ini. Juru Bicara BIN, Wawan Putranto menyebut pihaknya telah mengetahui siapa dalang yang membiayai hingga memfasilitasi massa dalam demo kemarin. Meski demikian, BIN saat ini masih mengumpulkan bukti-bukti untuk membawa kasus ke ranah hukum.

“Dalang sudah tahu, tinggal tunggu landasan hukumnya dan bukti yang ada,” kata Wawan Sabtu (10/10/2020).

Juga saat ini BIN masih menyelidiki informasi dari massa yang berhasil diamankan guna mengumpulkan informasi siapa yang membiayai dan membawa mereka ke Jakarta pada saat demo berlangsung.

“Pembuktian serta keterangan saksi maupun pelaku ditambah dengan data pendukung lain termasuk keterangan para ahli akan dibutuhkan nantinya,” kata dia menambahkan.

Siapa dalang dibalik itu semua Wawan belum bisa mengungkapkannya ke publik. Polisi juga masih mengumpulkan informasi terkait hal tersebut. Proses ini akan dipercepat sehingga tidak semakin menimbulkan tanda-tanya publik.

Aksi demonstrasi menolak UU Omnibus Law yang terjadi belum lama ini menimbulkan kericuhan di sejumlah daerah. Sejumlah fasilitas publik dan pos polisi tak luput dari amuk massa. (*)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker