Satgas Yonif 413 Bromoro Peringati Tahun Baru Islam Gelar Khitanan Massal dan Pengobatan Massal

Abadikini.com, JAYAPURA – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad menggelar khitanan massal dan pengobatan gratis.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Minggu (23/08/2020).
Dansatgas mengatakan bahwa makna perayaan Tahun Baru Islam ini dapat diimplementasikan dengan perubahan akhlak atau sifat dari yang sebelumnya menjadi pribadi yang lebih baik.
“Sebagaimana peristiwa yang dialami Nabi Muhammad SAW berhijrah atau berpindah dari Mekkah ke Madinah serta membawa perubahan paradigma Pemerintahan yang lebih baik, begitupun dalam hidup ini kita harus berupaya menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Dansatgas.
“Itulah mengapa penghijrahan Nabi Muhammad SAW dijadikan momen sebagai peringatan Tahun Baru Islam,” tambahnya.
Menurut Mayor Inf Anggun, pengobatan gratis dan khitanan massal merupakan wujud aplikasi perbaikan diri dengan memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya di wilayah perbatasan yang jaraknya relatif jauh dari pusat pelayanan kesehatan.
Namun dalam pelaksanaan khitanan massal yang digelar, ada hal unik dirancang oleh Dokter Satgas Yonif 413 Kostrad. Ialah alat sunat listrik berbahan dasar solder yang ia modifikasi sedemikian sederhan, namun memiliki kemampuan efektif dan efisien yang diberi nama Morocutter.
Dokter Satgas mengatakan bahwa dalam waktu 10 detik alat sudah panas dan siap untuk memotong ujung kulit pada kemaluan. Proses Khitan pun sangat singkat dalam kurun waktu 5 menit sudah dapat memberhentikan aliran darah. “Bahkan dalam waktu 90 menit pasien sudah dapat berjalan kaki kembali,” ujarnya.
Sedikitnya seratus warga Skouw mendatangi Pos Satgas untuk berobat dan Khitan. Salah satu warga atas nama Bapak Ilyas (42) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad atas pengobatan dan Khitanan massal yang digelar. “Saya berterima kasih karena telah mendapatkan pelayanan kesehatan, selain itu juga putra bungsu saya ikut dalam Khitan massal yang digelar saat ini,” ucap Ilyas.
Sekilas cerita singkat alat modifikasi Khitan yang dirancang oleh Prajurit Yonif MR 413 Kostrad. Hal tersebut dibuat semata-mata dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya yang berada di Perbatasan Provinsi Papua Sektor Utara yang merupakan daerah penugasan operasi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker