Pengungsi Gempa Papua Kini Berjumlah 2.136

Abadikini.com, JAYAPURA – Dihimpun per Jumat, 10 Februari 2023, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan pengungsi gempa Papua saat ini bertambah menjadi 2.136 jiwa. 15 titik lokasi digunakan sebagai tempat tinggal sementara para korban terdampak.

Gempa bumi berkekuatan 5,4 magnitudo mengguncang Papua pada Jumat, 10 Februari 2023 pukul 04.28 WIB. BNPB memastikan jumlah pengungsi dari data paling anyar milik Pusdalops.

“Menurut perkembangan data yang dirangkum Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB pada hari ini (Jumat, 10 Februari), lokasi pengungsian tersebut tersebar di 15 titik,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dikutip Sabtu (11/2/2023).

Adapun sebaran pengungsi yang berhasil didata diantaranya 50 Kepala Keluarga (KK) di Kompleks CVThomas, 50 KK di Bank BTN Kota Jayapura, 200 jiwa di Kristus Raja Dok V, 300 jiwa di B-One, dan 400 jiwa di Bhayangkara I.

Selanjutnya, 40 jiwa di kantor United Traktor, 50 jiwa di sanak keluarga, 65 jiwa di lingkungan Bhayangkari Baru, 73 jiwa di RT 01 Tasangka, 100 jiwa di Kantor Lurah Hamadi, 110 jiwa mengungsi di depan kantor Departemen Tenaga Kerja (Depnaker), 125 jiwa di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Hamadi, 159 di Polairud Hamadi, 254 jiwa di Gajah Putih, dan 260 jiwa di DOK IV Jalan Sumatera.

Di luar korban jiwa dan pengungsi, kerugian material imbas gempa Papua antara lain 15 rumah rusak berat, satu rumah rusak sedang, dan 28 rumah rusak ringan.

Ramai dalam berita, satu kafetaria roboh dan tenggelam ditelan air laut, 5 gedung perkantoran rusak, RSUD Kota Jayapura roboh, satu masjid, dua gereja, 1 hotel, hingga satu supermarket juga tidak terselamatkan.

Sebelumnya, sesaat setelah gempa bumi magnitudo (M) 5,4 melanda Kota Jayapura, Papua, pihak kepolisian langsung sigap turun dan lakukan pertolongan bagi masyarakat terdampak.

“Polri bergerak cepat untuk evakuasi dan memberikan pertolongan kepada korban  yang berdampak gempa  di Jayapura,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo.

Soal Korban dan Pencarian

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan terdapat 4 korban meninggal dan 5 orang yang mengalami luka-luka pascagempa. Hingga kini, pencarian terus diupayakan SAR. BNPB memfokuskan pencarian di lokasi yang terdampak cukup signifikan.

“Hasil koordinasi kita dengan BPBD dan pelaporan data dari hasil pengumpulan data di lapangan yang saat ini masih terus dilakukan bersama dengan upaya pencarian korban, khususnya di lokasi bangunan-bangunan yang cukup terdampak, dan berfokus di salah satu kafetaria di yang terletak di pinggir laut yang kemudian roboh,” ujar Plt. Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan  BNPB Abdul Muhari di Jakarta.

“4 korban meninggal, terperangkap di bawah keruntuhan kafe dan tertutup atapnya, sehingga mungkin untuk warga atau korban yang tidak bisa berenang ini akan mengalami kesulitan untuk menyelamatkan diri,” ujar Abdul.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker