Piala AFF 2020 Diundur Hingga Tahun Depan

Abadikini.com, JAKARTA – Konfederasi Sepakbola ASEAN (AFF) memastikan gelaran Piala AFF 2020 resmi ditunda ke tahun 2021. Kesepakatan dicapai lewat rapat Komite Darurat AFF, Kamis (30/7/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi sebelumnya, mengatakan penundaan ini dikarenakan pandemi COVID-19. Seharusnya Piala AFF tahun ini digelar pada 23 November hingga 31 Desember.

Komite Darurat AFF sepakat piala AFF mustahil untuk digelar sesuai jadwal setelah melalui serangkaian diskusi. Pandemi virus corona diperkirakan masih belum surut saat Piala AFF dilaksanakan.

“Sejak merebaknya COVID-19, AFF selalu mengikuti panduan WHO, Kementerian Kesehatan, Lembaga Pemerintah, FIFA, dan AFF,” kata Presiden AFF Khiev Sameth dalam keterangan resmi.

“Seperti yang diketahui bersama, pandemi ini terus menimbulkan tantangan kesehatan, sosial, dan sangat besar buat kita semua. Prioritas AFF adalah kesehatan dan keselamatan keluarga sepakbola kita dalam upaya memerangi dampak negatif pandemi ini.”

“Dengan perhitungan penyebaran COVID-19 masih terbilang tinggi, AFF menyadari bahwa turnamen Piala AFF 2020 tak bisa digelar.”

Media Vietnam Thethao mengungkapkan bahwa Komite Darurat AFF mengusulkan turnamen digeser ke April 2021. Usulan itu akan diserahkan ke jajaran Dewan AFF agar dipertimbangkan.

Belum diketahui format pengganti yang akan diterapkan pada Piala AFF 2021. Piala AFF 2020 sedianya digelar di Vietnam yang sudah menyatakan kesediaan ditunjuk menjadi tuan rumah.

Penunjukkan Vietnam sendiri merupakan bagian rencana AFF dalam menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi virus corona. Kebetulan COVID-19 di Vietnam terbilang relatif aman.

Sementara itu, pada Piala AFF, setiap tim memainkan empat pertandingan dengan sistem dua laga kandang dan dua kali tandang pada fase grup. Kemudian dilanjut dengan format dua leg kandang-tandang di babak semifinal dan final.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close