2 Tentara Taiwan Tewas Saat Latihan Perang Lawan China

Abadikini.com, JAKARTA – Dua orang tentara Taiwan diduga tewas dalam kecelakaan helikopter saat latihan perang dan simulasi serangan dari China, Kamis (16/7) waktu setempat.

Seperti dikutip dari AFP, helikopter Bell OH-58D itu jatuh dalam penerbangan menuju Pangkalan Udara Hsinchu. Pilot dan co-pilot tewas dalam insiden itu.

“Pilot Mayor Chien Jen-chuan dan co-pilot Kapten Kao Chia-lung dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tidak tertolong,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari South China Morning Post.

Hingga kini belum diketahui penyebab helikopter militer itu jatuh. Latihan yang digelar lima hari itu bertujuan untuk menguji seberapa tangguh angkatan bersenjata Taiwan dalam menghadapi invasi China.

Simulasi tersebut melibatkan jet tempur, kapal perang, dan pasukan darat Taiwan yang memukul mundur musuh di pantai pusat kota Taichung. Operasi tersebut diikuti sekitar 8.000 personel.

Selama ini China menganggap Taiwan sebagai wilayah pembangkang yang ingin memerdekakan diri, dan bersumpah akan merebut, meski dengan kekerasan.

Belakangan, China kerap mengerahkan sejumlah jet tempur untuk menerobos wilayah pertahanan udara Taiwan.

Taiwan sampai saat ini menolak klaim China. Mereka juga menolak tawaran model pemerintahan ‘satu negara dua sistem’ seperti yang dijanjikan di Hong Kong.

Taiwan terus memperkuat sistem pertahanan yang sebagian besar didominasi oleh perangkat senjata buatan Amerika Serikat. Meski begitu, China masih jauh unggul dibanding Taiwan lantaran memiliki jumlah alutsista yang lebih banyak.

Bahkan, Negeri Tirai Bambu terus menggenjot pembuatan sejumlah alutsista seperti pesawat tempur siluman hingga kapal induk sendiri demi menambah armada.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker