Imun untuk Lawan Corona, UNESA Buat Sirup Herbal KECE “Seger Waras”

Abadikini.com, SURABAYA – Masa pandemi virus corona / Covid-19 seperti sekarang ini tidak memutus kreativitas mahasiswa, dosen, maupun tendik Universitas Negeri Surabaya (UNESA) untuk senantiasa menjadi produktif.

Hal tersebut terbukti dengan adanya produk sirup herbal KECE “Seger Waras” yang digagas oleh Nugrahani Astuti, Luthfiyah Nurlaela, Sri Handajani, Suhartiningsih, Ita Fatkhur Romadhoni, serta dibantu oleh 2 mahasiswa, 2 tendik dan 2 tenaga CS.

KECE “Seger Waras” sendiri dibuat dari sari secang, kayu manis, sere, kapulaga, kunyit, temulawak, jahe merah, jahe emprit, asam, dan ditambahkan gula serta madu. Sirup ini dibuat dari bahan-bahan yang sudah terbukti secara turun temurun dan ilmiah mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

“Produk berupa sirup herbal KECE “Seger Waras” ini awalnya bermula dari permintaan Diskoperindag Kabupaten Gersik dan Disperindag Propinsi Jawa Timur sekitar 2 s.d. 3 tahun yang lalu.

Kami sering diminta sebagai narasumber pelatihan pengembangan produk untuk UMKM, dan diantaranya pelatihan pengembangan jamu dan minuman berbasis kearifan lokal bagi UMKM pengrajin jamu.

Jamu-jamu yang sudah dibuat oleh para pengrajin kami arahkan dan beri contoh pengembangannya dalam bentuk berbagai sirup, minuman serbuk instan yang dimodifikadi dengan soda (evefecent), jelly drink, dan lain-lain,” lugas Hani, sapaan akrabnya. Selasa, (12/5/2020).

Pembuatan produk KECE “Seger Waras” sendiri tidak terlepas dari hasil penelitian mahasiswa di bawah bimbingan Hani. Selain itu, pengembangan produk PKM dari modal yang sudah dimiliki ini juga didasarkan pada kajian literatur dan pengetahuan dari resep keluarga.

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, produk KECE “ Seger Waras” diharapkan mampu meningkatkan imunitas untuk melawan covid-19, serta memberikan manfaat positif lain pada tubuh.

Proses pembuatan produk KECE “Seger Waras” sendiri dikerjakan di laboratorium pengolahan makanan 2, Gedung A3, Jurusan PKK.

Sasaran produk sirup herbal KECE “Seger Waras” ini adalah warga terdampak covid-19, dimana distribusinya dikendalikan melalui UCC Unesa.

Sementara untuk sosialisasi mengenai cara pembuatan dan pengenalan produk kepada masyarakat, digunakan media sosial dan video di channel youtube yang berjudul “Cara Membuat Sirup Herbal (SEGER WARAS) Penangkal Covid-19”.

Hani menuturkan, jika masa pandemi Covid-19 akan memunculkan beberapa kepanikan di masyarakat. Salah satu kepanikan tersebut yakni dalam hal berburu suplemen untuk tubuh.

Padahal suplemen tersebut berbasis pada bahan kimia. Belum lagi mengenai biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan suplemen tersebut.

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika masyarakat mulai mengenal produk-produk tradisional yang bisa dibuat sendiri. Itulah tujuan mengapa Hani bersama timnya membuat channel di Youtube seperti yang dijelaskan sebelumnya.

“Dengan sirup herbal KECE Seger Waras, semua kebutuhan untuk meningkatkan imunitas sudah All in One dalam satu kemasan sirup yang nyaman, aman, dan nikmat serta ekonomis dan bisa dibuat sendiri.

Semua bahan alami tanpa pengawet. Serta bisa dikonsumsi panas maupun dingin, serasa bukan minum jamu atau obat,” tutup Hani.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker