Refleksi Himapindo 2 Tahun Mengabdi Untuk Negeri

TAHUN 2045 Indonesia akan menyongsong Indonesia Emas, Satu Abad Indonesia Merdeka, dimana dalam tahapannya di prediksi tahun 2030 akan mengalami fase Bonus Demografi yang akan menjadi penentu maju mundurnya Indonesia di masa depan.

Jika tidak mempersiapkan kemajuan secara sistemik dengan baik, maka bonus demografi akan menciptakan bencana kemanusiaan yang sangat berbahaya bagi keberlangsungan umat manusia di dunia khususnya di Indonesia.

Langkah strategis yang harus dilakukan sebagian orang adalah bagaimana mempersiapkan sebuah konsep kemandirian sebuah bangsa dan kemandirian sebagai seorang anak manusia.

Ketersediaan sumberdaya alam akan menjadi ancaman bagi pemenuhan kebutuhan sebagai sumderaya yang tidak terbarukan. Harus ada banyak inovasi preventive tepat guna agar terjadi efisiensi dan efektivitas atas segala sumberdaya yang ada sehingga terbangun kesetimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan sumberdaya yang ada.

Pemuda dan Mahasiswa pada zamannya akan menjadi tonggak kebangkitan terukur akan kemajuan dimasa mendatang. Perlu langkah-langkah strategis agar Pemuda dan Mahasiswa Indonesia membangun paradigma berfikir problem solver skala global, agar tidak menjadi problem maker secara lokal.

Pemuda dan Mahasiswa harus melakukan langkah percepatan kemajuan baik dari sisi teknis perilaku dan sisi strategis berfikir, tidak lagi berharap negara memikirkan mereka tapi harus berubah bagaimana generasi muda yang memikirkan nasib bangsa.

Pemuda dan mahasiswa sebagai cluster strategis masyakat intelektual harus ambil langkah jauh dalam melakukan langkah-langkah kecil terkini, memperkaya khasanah ilmu pengetahun, menciptakan dan menguasai teknologi terkini dan masa depan sehingga estafet kepemimpinan disegala level akan tertransformasi secara cepat, seimbang dan selaras dengan kebutuhan.

Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia akan menjadi bagian instrumen strategis bangsa dalam menyiapkan generasi siap tantangan dan generasi problem solver.

Suatu bangsa akan mengalami kemajuan ekonomi tingkat tinggi jika rasio pengusahanya diatas 10% dari jumlah penduduknya, karena menjadi indikator kuat bahwa suatu masyarakat mampu menyediakan segala kebutuhannya dari, oleh dan untuk mereka sendiri.

Tidak sepenuhnya tergantung pihak lain apalagi dengan basis bantuan dan pinjaman negara lain. Himapindo akan melakukan tahapan tantangan kehidupan peradaban suatu negara dengan menyiapkan sumberdaya siap bersaing dalam tantangan global.

Himapindo lahir di Kawasan Industri Cikarang Bekasi pada tanggal 06 Mei 2018 dan langsung tumbuh dan berkembang di Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Banten, Bengkulu, Saulawesi Tengah, Riau, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Kalimantan Utara dan beberapa provinsi lainnya.

Telah dibentuk Pengurus Tingkat Wilayah, Timgkat Daerah dan di Tingkat Kampus di lebih dari 100 Universitas di Indonesia baik kampus negeri maupun swasta.

Semangat Himapindo adalah berusaha melakukan percepatan pertumbuhan pemikiran pemuda khususnya mahasiswa Indonesia agar mampu melangkah lebih awal dalam mempersiapkan dirinya mandiri, mampu bersinergi dan pada akhirnya mengabdi kepada Ibu Petiwi.

Dengan Visi Menjadi Pengusaha sebelum Sarjana dan Misinya Membangun Fondasi Peradaban Ekonomi Indonesia yang Berdaulat dan Mensejahterakan dengan Motto Mandiri, Sinergi dan Mengabdi.

Minggu ini, 06 Mei 2020 merupakan periode 2 Tahun Himapindo Mengabdi untuk Negeri dengan semangat “Melangkah Pasti Kaderisasi Mahasiswa Pengusaha Berprestasi” merupakan sebuah mimpi panjang yang secara bertahap, langkah demi langkah direalisasikan dalam dunia nyata secara sistematis, terukur, terencana dan terprogram dengan baik.

Himapindo yakin, bahwa “proses tidak akan mengkhianati hasil”, sehingga yakin betul bahwa Himapindo akan banyak melahirkan pengusaha-pengusaha muda yang dilahirkan dengan kapasitas dan integritas yang teruji.

Pada akhirnya menjadi penentu kebijakan ekonomi Indonesia dan akan mampu menguasai kepemimpinan secara komfrehensive sehingga peradaban ekonomi Indonesia yang berdaulan dan mensejahterakan masyarakat Indonesia akan tercapai pada masanya nanti.

Selamat Milad Himapindo Ke 2
Himapindo !!!
Mandiri…
Sinergi…
Mengabdi…

Oleh : Budiyanto
Ketua Umum Himapindo

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close