Lockdown, Siapkah Indonesia?

AKIBAT meluasnya wabah virus covid-19, beberapa negara kini telah menetapkan status lockdown diantaranya Turki, Malaysia dan Filipina. Tentunya dengan adanya jaminan pemenuhan kebutuhan pokok bagi warga negaranya.

Berkebalikan yang terjadi di Indonesia saat ini, bukan malah menerapkan lockdown sekaligus menjamin kebutuhan rakyat terpenuhi. Pemerintah kini malah membuka rekening khusus untuk masyarakat yang mau memberikan donasi penanganan corona. Bahkan pemerintah pusat menyerahkan kebijakan terkait penanganan covid-19 ini ke masing-masing pemerintah daerah.

Padahal kebijakan parsial masing-masing daerah bisa saja berbeda. Kebijakan parsial tersebut tidaklah efektif dalam menangani penyebaran wabah. Seharusnya penetapan kebijakan ialah dibuat terpusat. Sehingga dapat diberlakukan secara komprehensif ke seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

Seharusnya pemerintah bertindak sebagai penguasa yang bertanggung jawab mengurusi urusan rakyatnya. Mampu mengambil keputusan terbaik bagi keselamatan dan keamanan rakyatnya tanpa terkecuali. Sebagaimana Hadits Riwayat Imam Al Bukhari dan Imam Ahmad dari sahabat Abdullah bin Umar r.a. Bahwa “Imam itu adalah laksana penggembala, dan dia akan dimintai pertanggungjawaban akan rakyatnya (yang digembalakannya)”.

Umat kini sungguh sangat merindukan pemimpin yang tegas dan berani mengambil keputusan besar. Demi kemaslahatan umat. Pemimpin yang Allah ridhoi karena memimpin dengan menerapkan aturan yang shahih. Dalam sistem kehidupan yang Allah ridhoi.

Oleh: Ummu Hasna

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker