Trending Topik

Ini Bantahan Pakar Tafsir Quraish Shihab soal Virus Corona Tentara Allah

Abadikini.com, JAKARTA – Saat ini banyak beredar kabar bahwa virus corona merupakan tentara Allah SWT yang dikirim untuk menghukum umat manusia yang lalai. Berita semacam itu beredar di berbagai media sosial.

Menanggapi hal itu, Pakar Tafsir Alquran Indonesia, Quraish Shihab mengatakan, memang terlalu banyak berita dan tulisan yang simpang siur mengenai virus corona. Ada kabar yang tak bertanggung jawab. Namun ada juga yang mengandung kebenaran.

“Dalam konteks menanggapi pendapat corona tentara Allah, saya tak sependapat dengan hal itu. Ini bukanlah siksa Allah sebab wabah corona melanda dunia, mengenai orang-orang baik dan orang-orang yang tak berdosa. Apakah mereka disiksa juga? Abi lebih senang kalau menyebut wabah corona ini adalah bencana berupa ujian dari Allah untuk umat manusia yang dewasa ini sering angkuh dan merasa mampu melakukan segala sesuatu,” ujar Quraish Shihab dalam Youtube Shihab dan Shihab, Sabtu (28/3/2020).

Dalam Alquran Allah berfirman, hati-hati dengan datangnya suatu bencana ujian yang bisa menimpa bukan hanya orang durhaka dan zalim.

Wabah corona, terang Quraish Shihab, merupakan bencana berupa ujian. “Kita harus sadar orang yang tak salah, orang yang dekat sama Allah juga wafat karena bencana ini. Mereka akan mendapatkan nikmat dan ganjaran dari Allah.”

“Mereka yang wafat karena thaun, wabah penyakit pada masa Nabi dan sahabat Nabi, dinilai sebagai syahid. Mereka tetap dimandikan, dikafankan, beda dengan syahid yang gugur di jalan Allah tak perlu dimandikan.”

Kematian akibat virus corona, terang Quraish Shihab, serupa dengan ganjuaran orang yang meningal di medan perang karena Allah.

“Virus corona ini sebenarnya sebagai bagian dari setan-setan. Oleh karena itu, saya tidak sependapat kalau virus ini tentara Allah,” kata Quraish Shihab.

Dalam Alquran dan hadist Nabi, penyakit diakibatkan oleh setan. Nabi Ayub pernah mengatakan, “Setan telah menimpaku dengan penyakit melelahkan, menyiksa, disebabkan oleh setan.”

“Virus-virus ini, thaun merupakan ulah setan dan jin. Jin sesuatu yang tersembunyi, salah satunya virus. Demikian para ulama bilang, makanya harus dihindari, dimusuhi,” pungkas Quraish Shihab.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker