Gempa M 4,9 Guncang Sukabumi, BPBD Sebut Kerusakan Terjadi di 3 Kecamatan

Abadikini.com, SUKABUMI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menerjunkan tim ke lokasi terdampak gempa M 4,9 yang terjadi pada pukul 17.18 WIB, Selasa (10/3/2020). Informasi terakhir yang diperoleh, ada tiga kecamatan yang melaporkan terjadi kerusakan.

“Kami sudah menerima laporan dari WhatsApp group dan rekan-rekan di lapangan sudah ada tiga kecamatan yang terkena dampak kerusakan akibat gempa. Ada rumah warga ambruk dan sebagian hancur,” kata Anita Mulyani, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Sukabumi, kepada detikcom yang dikutip Abadikini.

Tiga kecamatan tersebut adalah Kalapanunggal, Kabandungan, dan Parakansalak. Saat ini, disebut Anita, tim BPBD sudah bergerak ke lokasi untuk berkoordinasi dengan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK).

“Teman di lapangan sudah bergerak, terutama P2BK sebagai unit reaksi cepat di lokasi. Saat ini memang ada beberapa video tersebar diduga terkait gempa tersebut, namun perlu verifikasi lagi karena dikhawatirkan hoaks,” lanjut Anita.

Sementara itu, Daeng Sutisna, Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, menyebut saat ini situasi di lokasi mati lampu, sehingga menyulitkan proses evakuasi.

“Di lokasi mati lampu, teman-teman di lapangan belum bisa melaporkan utuh, tapi memang dibenarkan sudah ada kerusakan di tiga kecamatan itu,” jelas Daeng.

“Kalau melihat laporan di lapangan, ada korban luka akibat terkena reruntuhan. Namun kondisi korban terlaporkan mengalami luka ringan,” tambah Daeng.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close