Trending Topik

Dituduh Gunakan Narasumber Palsu, Ini Penjelasan TV One

Abadikini.com, JAKARTA – Tayangan Indonesia Lawyers Club tvOne yang digawangi Karni Ilyas, memastikan telah memilih narasumber sesuai dengan ketentuan dalam kode etik jurnalistik. Ketentuan ini juga dilakukan saat tayangan program ILC dengan tema ‘Ketika Corona Sudah Sampai di Indonesia’ pada Selasa malam, 3 Maret 2020.

Manager Humas tvOne, Raldy Doy menyampaikan, pemilihan narasumber untuk tayangan berita, tvOne akan selalu memegang teguh pada kode etik jurnalistik. Tidak terkecuali untuk tayangan ILC yang selalu menyedot perhatian masyarakat.

Dijelaskan Raldy, bila masyarakat melihat secara utuh tayangan ILC tvOne malam tadi, bahwa narasumber bernama F itu telah menyampaikan bahwa yang bersangkutan memang bukan warga asli dan tinggal di Perumahan Studio Alam Indah, Depok, Jawa Barat. Narasumber adalah WNI yang tinggal di Wuhan dan saat kembali ke Tanah Air tinggal di rumah kakaknya di Depok.

“Kalau kita tonton secara utuh, ada penjelasan bahwa dia (ibu tersebut) bukan warga di situ. Mari menilai juga secara utuh,” kata Raldy seperti dilansir Abadikini.com dari VIVAnews, Rabu (5/3/2020).

Menurut Raldy, tentu ada hal postif dari kehadiran narasumber F ini. Ada informasi secara jelas bahwa F ini pernah tinggal di Wuhan, kemudian menjalani karantina di Natuna, kemudian sempat tinggal di Depok, dan dipastikan tidak terjangkit Virus Corona.

“Ada hal positif dari kehadiran Ibu F dalam ILC, adalah dia pernah di Wuhan, di Natuna dan sempat tinggal di komplek tesebut, tapi tidak terjangkit Corona. Publik perlu tahu hal ini,” katanya.

Karena itu, dia meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan berita di sosial media yang menuding kalau ILC tvOne menggunakan narasumber palsu. Apalagi informasi ini disebarkan oleh media yang belum terverifikasi oleh Dewan Pers.

Seperti diketahui, ibu F ini memang menjadi narasumber pembuka dalam tayangan ILC tvone malam tadi. Dengan tegas pada penjelasan awalnya, F telah menyampaikan kalau dia bukan warga Depok. Tapi memang tinggal sementera di Depok setelah kembali dari masa karantina di Natuna.

“Kalau boleh saya ceritakan dulu siapa saya dan suami saya, jadi sebelumnya saya ikut suami tinggal di Wuhan, saya termasuk salah satu alumni dari Natuna, dan kebetulan selama saya di Indonesia, pulang dan tinggal di rumah kakak saya yang kebetulan alamatnya di Studio Alam Indah yang ada dua orang, satu kompleks yang terkena virus. Secara pribadi ya agak kaget, kok kebetulan sekali,” begitu penjelasan F dalam pengantarnya di ILC tvOne.

Guna mendapatkan informasi yang akurat dan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh F, masyarakat bisa melihat dalam tayangan lengkap ILC tvOne, terutama pada menit 06.50.

Baca Juga

Back to top button