Trending Topik

Seluruh Pasien Virus Corona di Vietnam Dinyatakan Sembuh, Ini Cara Atasinya

Abadikini.com, HANOI – Seluruh pasien virus Corona baru, Covid-19, di Vietnam yang berjumlah 16 orang telah disembuhkan. Informasi bagus ini bisa memberikan efek tenang negara-negara yang baru diserang virus tersebut, termasuk Indonesia.

Sembuhnya seluruh pasien Covid-19 di Vietnam diumumkan Kementerian Kesehatan setempat Selasa pekan lalu. Kementerian itu menambahkan bahwa tidak ada kasus baru yang tercatat sejak 13 Februari.

Pasien terakhir yang diketahui adalah seorang pria berusia 50 tahun. Dia terinfeksi oleh putrinya yang pulang dari Kota Wuhan, China. Wuhan merupakan tempat virus itu pertama kali muncul.

Kementerian itu, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, mengatakan pasien terakhir telah pulih dan dalam kondisi baik. Tidak dijelaskan kapan pasien terakhir keluar dari rumah sakit.

Kementerian itu, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, mengatakan pasien terakhir telah pulih dan dalam kondisi baik. Tidak dijelaskan kapan pasien terakhir keluar dari rumah sakit.

Kementerian Kesehatan melanjutkan, sisa pasien lain, termasuk bayi berusia tiga bulan, telah membaik.

Laporan kasus pertama Covid-19 di Vietnam adalah dua warga China yang terinfeksi pada 23 Januari.

Cara mencegah penyebaran Covid-19 di Vietnam sangat kreatif, yakni dengan lagu kampanye hidup bersih dan sehat yang dibawakan dua penyanyi pop. Video lagu dan tarian itu viral hingga membuat program acara “Last Week Tonight with John Oliver” tertarik untuk menayangkannya pada Minggu malam.

Lagu “Ghen Co Vy” digubah oleh Khac Hung dan dibawakan oleh penyanyi pop Min dan Erik. Komedian dan penulis Inggris-Amerika, John Oliver, menggambarkan lagu itu sebagai video informasi publik “luar biasa” tentang cara membatasi penyebaran Covid-19 melalui kebersihan yang layak.

“Vietnam membuat lagu tentang mencuci tangan untuk mencegah infeksi virus Corona dan itu benar-benar menampar! Itu adalah klub yang asli di sana!” katanya, seperti dikutip VnExpress, Selasa (3/3/2020).

Beberapa bagian dari video musik animasi lagu itu—menggambarkan gambar komedi dari Covid-19 dan orang-orang yang mengenakan masker dan mencuci tangan mereka untuk mencegah infeksi—ditampilkan dalam episode acara tersebut.

Itu juga menampilkan video klip, yang diunggah di jejaring sosial berbagi video China; TikTok. Video itu memperlihatkan dua orang, termasuk penari Vietnam Quang Dang, menari mengikuti lagu yang menarik.

Tarian itu, bagian dari tantangan tarian TikTok, diputar ulang oleh Oliver di akhir episode untuk mengingatkan penonton agar mencuci tangan.

Lagu ini diterima dengan baik di bagian komentar dari saluran YouTube resmi “Last Week Tonight” yang memenangkan Emmy Awards, di mana orang-orang memuji daya tariknya dan menanyakan dari mana asalnya.

Dibuat oleh National Institute of Occupational and Environmental Health, lagu ini sebenarnya adalah parodi dari lagu populer lainnya, yang merupakan karya Khac Hung, Min dan Erik yang berjudul “Ghen” (Jealousy). “Ghen Co Vy” dengan “Co Vy” nama panggilan lokal untuk Covid-19, ditayangkan perdana di channel YouTube resmi institut tersebut pada 14 Februari dan di saluran Erik dan Min beberapa hari kemudian.

Lembaga itu mengatakan di situs resminya; “Kami berharap lagu itu dapat mendorong para prajurit di garis depan dalam perang melawan Covid-19. Mereka adalah para ahli, dokter, perawat, tenaga medis, dan jutaan pekerja lain yang memerangi penyakit ini setiap hari di belakang layar.”

Sumber Berita
sindonews
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close